CARI TAHU FASILITAS UNGGULAN RS PREMIER BINTARO SEMBARI IKUTAN HEALTH TALK SARAF KEJEPIT!

August 11, 2022

Halo gengs!

Berberapa waktu yang lalu, gw berkesempatan buat ikutan Hospital Tour dan Health Talk yang jadi bagian dari Blogger dan Vlogger gathering dari salah satu rumah sakit yang menjadi bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group, grup rumah sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas di Australia, Inggris, Prancis, Malaysia, dan Indonesia.


Ada yang tahu?

Yak bener, kemarin gw berkunjung ke RS Premier Bintaro. 

Awalnya gw juga bingung, kira-kira kalau ke Hospital Tour tuh ngapain aja ya? 

First Imperession. Ternyata sampai di sana gw pun takjub dengan megahnya open space lobbynya. Jadi ngerasa adem dan nyaman karena ada sirkulasi udara yang baik. Terus juga banyak tanaman gitu jadi ngerasa hidup. Tersedia seating area untuk menunggu antrean yang nyaman serta ada berberapa tenant seperti Starbucks, Guardian, MM Juice yang bikin menunggu jadi gak bosenin karena bisa sambil jajan atau ngopi gitu hehe

Terlihat juga para staff yang dengan ramah menyapa orang-orang yang mengantre dan para calon pasien yang mau mengurus administrasi atau sekadar bertanya tentang arah. Memang sejalan dengan filosofi  'People Caring for People' yang menjadi komitmen yang membuat layanan RS Premier Bintaro berbeda dari yang lain.


Tak lama setelah itu, kami pun berkesempatan untuk melihat-lihat berberapa fasilitas di RS Premier Bintaro, yang pertama adalah fasilitas kamar rawat inapnya. Ohiya, RS Premier Bintaro memiliki 205 tempat tidur dan kami menyediakan fasilitas kamar perawatan yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan sehingga secara psikologis dapat mempercepat proses penyembuhan pasien.

Memasuki lorong deretan kamar rawat inap, kami pun sudah takjub melihat fasilitas kamar yang sudah seperti kamar hotel! Agak lupa kalau ini tuh rumah sakit hehe mewah dan nyaman! Wajar banget karena tipe kamar tertinggi, tentu aja kenyamanan adalah yang utama. Untuk paviliun Camar ini, tipe kamar Premier sering digunakan oleh ibu yang ingin melahirkan.


Ini dia kamar VIP (Premier) dengan fasilitas kamar Premier (1 Bed) : Electric bed, Dining room, Pantry, Kamar mandi dalam, Lemari, Electric kettle, 1 sofa, 2 single chair, 1 round table, Kulkas, 2 televisi, Telepon, Nakas / Lemari Kecil, Overbed table. 



Lanjut, kami juga mengunjungi tipe kamar lain yakni tipe Suite yang ada di paviliun Merpati. Tipe kamar ini juga gak kalah nyaman hanya saja tidak seluas kamar premier. Ada sofa di kamar yang nyaman juga bikin yang nemenin kita selama di kamar juga merasa nyaman.

Fasilitas Kamar Suite B (1 Bed): Electric bed, Kamar mandi dalam, Lemari, Sofa, Meja kerja, Kulkas, Televisi, Telepon, Nakas / Lemari Kecil, Overbed table. 




Ada tipe kamar lain juga yang tersedia di RS Premier Bintaro, antara lain ada tipe Gold dengan Fasilitas Kamar (2 Bed): Electric bed, Kamar mandi dalam, Single chair, 2 televisi, Nakas / Lemari Kecil, Overbed table dan tipe Silver dengan Fasilitas Kamar yang menampung 3 Bed: Manual bed, Kamar mandi dalam, Overbed table, 3 Televisi, Single chair, Nakas / Lemari Kecil

Kamar tipe Gold. sumber : https://ramsaysimedarby.co.id/rspb-tarif-kamar-id 

Kamar tipe Silver. sumber : https://ramsaysimedarby.co.id/rspb-tarif-kamar-id 

Setelah puas berkeliling melihat fasilitas kamar rawat inap, kami melanjutkan kunjungan ke Mini Studio yang digunakan untuk take podcast dan youtube. Keren banget karena emang RS Premier Bintaro tuh cukup aktif di berbagai kanal media sosial sebagai media informasi dan edukasi seputar kesehatan.




Lanjut, berkeliling kami melihat Roof Garden yang biasanya digunakan untuk pasien untuk sekadar bersantai atau berjemur. Ada deretan bangku untuk duduk bersantai, ada berberapa jenis tanaman dan bunga juga, dan bisa melihat pemandangan sekitar Bintaro dari sini.

Biasanya pasien covid nih yang butuh berjemur dan juga turut tersedia fasilitas pojok dahak utk pasien spesialis paru dan pasien covid. Sangat convenient banget!




Setelah puas bekeliling melihat fasilitas, kami juga diajak untuk melihat layanan unggulan yang dimiliki oleh RS Premier Bintaro, antara lain :


STROKE CENTER

Layanan unggulan Stroke Center Rumah Sakit Premier Bintaro dibentuk untuk memberikan penanganan stroke secara terpadu mulai dari tahap pencegahan (preventif), pengobatan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif) bagi pasien stroke dan masyarakat. 

Untuk memberikan layanan terbaik bagi pasien yang mengalami stroke akut, tim Stroke Center Rumah Sakit Premier Bintaro telah membuat panduan klinis dan protokol tata laksana stroke akut yang efektif dan efisien yang mengintregasikan berbagai layanan di Rumah Sakit Premier Bintaro seperti layanan ambulans, layanan gawat darurat, ruang rawat khusus pasien stroke dan pemeriksaan MRI  yang siap beroperasi 24 jam.



Tim Stroke Center Premier Bintaro telah berhasil melakukan terapi trombolitik pada kasus-kasus stroke iskemik akut (stroke yang disebabkan oleh sumbatan pada pembuluh darah). Terapi ini bertujuan untuk melarutkan sumbatan pada pembuluh darah dengan jalan memasukan obat yaitu alteplase ke dalam pembuluh darah pasien. Namun demikian, untuk hasil yang optimal dengan efek minimal, didapatkan dengan pemberian dalam kurun waktu 3 jam sejak serangan stroke terjadi.


SPINE CENTER

amsay Spine Center adalah pusat layanan untuk mengatasi seluruh problem tulang belakang secara terpadu dan komprehensif. Penanganan problem tulang belakang dilakukan oleh tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialistik, yaitu dokter Spesialis Ortho


pedi Tulang Belakang, Spesialis Neurologi, Spesialis Neurofisiologi, Spesialis Rehabilitasi Medik dan Spesialis Radiologi.

Problem tulang belakang yang ditangani meliputi:

  • Berbagai nyeri tulang belakang.
  • Kelainan bentuk tulang belakang seperti skoliosis, dan sebagainya.
  • Trauma tulang belakang.
  • Gangguan syaraf akibat kelainan tulang belakang.
Penanganan problem tulang belakang di Ramsay Spine Center memiliki kelebihan, khususnya dalam hal pemeriksaan awal kondisi pasien yang dilakukan oleh tim dokter berbagai bidang spesialistik. Dengan demikian, akan didapat hasil pemeriksaan yang komprehensif tentang kondisi pasien yang sesungguhnya.

ORTHOPEDIC CENTER

RS Premier Bintaro telah diakui keahliannya di bidang pelayanan Ortopedi sejak 1998. Berbagai masalah Ortopedi ditangani secara menyeluruh dan terpadu, dengan dukungan para dokter spesialis Ortopedi dari berbagai sub-spesialisasi, mulai dari Spine Surgery (bedah tulang belakang), Hip & Knee surgery (bedah penggantian panggul dan lutut), Hand Surgery (bedah tangan) hingga Sport Orthopaedic Surgery (bedah cidera olahraga).

Klinik spesialis ortopedi RS Premier Bintaro terdiri dari:

  • Premier Bintaro Spine Center
  • Hand Clinic
  • Artroplasty
  • Sport Clinic

Setelah puas berkeliling, tibalah dipenghujung acara 'Blogger dan Vlogger Gathering' kali ini, yakni sesi Health Talk yang bahas tentang 'Mitos dan Fakta seputar Saraf Kejepit' bareng dr. Omar Luthfi, Sp.OT(K-Spine).  Jujur gw ngerasa relate banget karena emang lagi takut banget dan mengantisipasi untuk masalah tulang belakang kaya gini, karena belakangan banyak duduk dan tidak banyak beraktivitas kalau lagi WFH. Dan beruntung kali ini dr.Omar menjelaskannya kepada kita dengan bahasa yang mudah dipahami.


Saraf terjepit atau HNP (hernia nucleus pulposus) adalah kondisi ketika bantalan antar-tulang belakang, yang lembut dan seperti agar-agar, menonjol sehingga menekan saraf di sekitarnya.

Terkait saraf kejepit, beliau juga menjelaskan tentang perbedaan tulang belakang dan saraf tulang belakang. Saraf tulang belakang memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi motorik (penggerak), fungsi sensorik (perasa) dan fungsi otonom (organ internal).


Kita bisa mengetahui gejala saraf kejepit dengan gejala sebagai berikut :

  • Kesemutan dan mati rasa (baal)
  • Nyeri menjalar hingga ke tungkai bawah
  • Kelemahan gerakan tungkai
  • Gangguan rangsang BAB dan BAK

Jika merasa gejala tersebut sedang kita alami, kita bisa melakukan penanganan awal saraf terjepit seperti :

  • Bed rest maksimum 2 hari
  • Pemberian nalgetik
  • Penggunaan alat bantu (korset)
  • Perubahan gaya hidup (lifestyle)



Satu kata setelah berkeliling RS Premier Bintaro : Bersyukur. 

Bersyukur untuk selalu diberikan nikmat berupa kesehatan karena pada saat ini hanya bisa melihat-lihat faslitas dan tidak sedang sakit. Semoga hospital tour dan health talk kali ini dapat memberikan insight buat kalian ya mengenai fasilitas RS Premier Bintaro dan penanganan Saraf Kejepit.

Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa langsung mengunjungi RS Premier Bintaro ya!



You Might Also Like

0 Comments