Mantra Sakti Turis Muslim di Korea Selatan. Wajib tahu nih, Chingu! #WKS2021

June 10, 2021

 

안녕하세요!

Gak kerasa bulan Ramadan baru aja berlalu, gimana Ramadan kalian tahun ini chingu?

Kalau gw dihabiskan dengan banyak aktivitas seru di rumah aja, salah satunya melihat kembali memori dan kenangan selama gw travelling di tahun-tahun sebelumnya. Ada satu momen yang seru selama gw mengunjungi Korea Selatan untuk pertama kalinya pada 2018 lalu.

Sebagai seorang muslim, mencari makanan halal ketika mengunjungi negara yang bukan mayoritas muslim ada suatu keharusan. Tak terkecuali ketika gw ke Korea Selatan. Kali ini gw mau share ke kalian berberapa 'mantra sakti' yang bisa digunakan tidak hanya untuk memesan makanan dan mencari tahu apakah makanan atau minuman yang kalian pesan itu halal atau tidak, tapi juga secara general yang dikutip dari visitkorea.or.id.
.
Yuk disimak, chingu!

suasana pasar Korea. sumber : visitkorea


얼마에요?


"Eolmaeyo?" Ini merupakan kata paling sakti ketika kalian tidak melihat harga di menu di restoran. Yak benar, arti dari kata "Eolmaeyo" adalah "berapa harganya?"


영어 메뉴판 있나요?


Kalimat tersebut dibaca "Yongo menyupan innayo?" artinya "Apakah Anda punya menu dalam bahasa Inggris?" 'mantra' ini sangat kalian butuhkan ketika masuk ke restoran di Korea Selatan tetapi menu makanannya hanya diberikan versi Hangul saja. 

할랄고기에요?



Secara ringkas, kalimat diatas dibaca "Halal gogi eyo?" yang artinya adalah "apakah daging ini halal?" Kalimat ini dapat kalian gunakan ketika berada di restoran yang kalian tidak tahu daging apa yang tertera di menu. Bisa saja daging tersebut atau restoran tersebut tidak menyediakan daging halal yang bisa kita umat muslim konsumsi.

돼지고기, 햄, 베이컨 빼고 주세요


Jika kalian ingin mencari aman dan meragukan apakah restoran tempat kalian makan itu menyajikan daging halal atau bukan, kalian bisa gunakan kalimat berikut, "Dwaeji gogi, ham, bacon ppaego juseyo" yang artinya "Mohon sisihkan daging babi, ham, dan bacon dari makanan". Kalian juga bisa hanya memilih untuk memakan sayur dan menyisihkan semua daging (baik itu ayam atau sapi) dengan menggunakan kalimat "Gogi ppaego juseyo" atau "mohon singkirkan semua jenis daging dari makanan"

음식에 술 넣지 마세요


"Emsige sul neochi maseyo" atau "Harap singkirkan semua jenis daging dari makanan" digunakan ketika kita meragukan makanan atau minuman restoran tersebut apakah mengandung alkohol apa tidak, jadi untuk langkah aman kita bilang kepada pelayan atau koki 'mantra sakti' ini. Biasanya makanan seperti Budaejjigae, Kimchi Bokkumbab, Sundubu jjigae, bahkan street food seperti odeng saus/kuah bisa saja menggunakan alkohol atau soju didalamnya. Kalian harus aktif bertanya ya biar tidak salah.

Kalau kamu menemukan kata "주정 (jujeong)" dalam label komposisi atau di menu, itu berarti makanan tersebnut mengandung alkohol tambahan maksimal 0,5 persen (batas maksimal kandungan alkohol dalam makanan menurut peraturan pemerintah Korea).

화장실 어디에요?




Setelah kalian puas kenyang makan dan minum, ada satu kata lagi yang akan membantu kalian yang kebelet ingin ke kamar mandi. Kalian bisa menggunakan kata "Hwajangsil eodi eyo?" yang artinya "Dimana kamar kecil/toilet?" 


Nah, itu dia tips 'mantra sakti' yang bisa kalian gunakan sebagai turis muslim di Korea Selatan. Untuk makana dan minuman sebisa mungkin cari makanan atau restoran dengan logo halal ya, chingu. Karena kita tidak pernah tahu apakah makanan atau minuman tersebut ada bahan campuran yang tidak halal walaupun ada tulisan 'no pork, no lard'





Biasakan juga untuk mencari informasi dan aktif bertanya kepada pelayan atau pemilik restoran terkait dengan bahan yang digunakan di dalam campuran makanan atau minuman tersebut. Sudah banyak tools seperti aplikasi dan website yang memberikan kita informasi terkait restoran halal, masjid, mushola, makanan sertia minuman halal seperti yang dimiliki oleh Korea Selatan yang sudah ramah muslim loh, chingu! Kalian bisa mendapatkan semua informasi di  https://www.visitkorea.or.id/halal_restaurant dan https://visitkorea.or.id/akudankorea/unique-destinations/muslim-friendly 

Ingin tahu lebih banyak seputar wisata di Korea Selatan? Yuk, cek social media dari Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta berikut ini :

Web KTO Jakarta
Instagram : KTO Jakarta @ktoid
Facebook Fanpage: Korea Tourism Organization (Indonesia)
Twitter : @KTOJakarta
Tiktok : @kct.id
Youtube : Korea Tourism Organization - Jakarta

source : https://www.visitkorea.or.id

You Might Also Like

4 Comments

  1. Impian ku pengen ke Korea. Tapi yang kutakutkan makanan nya takut gak halal. Apalagi selama nonton drakor rata2 makanan yg dimakan gak halal. Thanks info nya ya. Bisa jadi pegangan nih klo mau ke korea.

    ReplyDelete
  2. Wah buat yang mau traveling ke Korea wajib banget hafalin mantra sakti ini
    Kalau perlu dibuat semacam kamus buat panduan deh, biar di sana nanti gak bingung

    ReplyDelete
  3. Korea musti jadi wishlist ya kak, pengin bisa ke tempat2 ikonik. Apalagi lokasi yang buat drakor, bisa jd favorit :)

    ReplyDelete
  4. Wah ingin segera pandemi berakhir dan bisa jalan-jalan ke Korea.
    Salam hangat Decky

    ReplyDelete