CARA ASIK DAN MENYENANGKAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BARENG TBI KELAPA GADING

April 07, 2024

Bahasa Inggris tuh jadi bahasa global yang tentunya penting untuk kita bisa berbahasa Inggris dengan baik apalagi di era digital seperti sekarang nih, sekalian memperluas pergaulan dan jejaring hehe bahkan untuk sekadar memahami konten yang berseliweran di media sosial, banyak juga konten bermanfaat dan edukatif dari orang luar dengan menggunakan bahasa Inggris yang tentu aja rugi banget buat kita yang gak bisa memahami maksud dan isi kontennya kan?

Nah buat aku yang udah lama banget gak kena paparan 'belajar bahasa Inggris' setelah selesai program pertukaran pelajar di Amerika Serikat 12 tahun lalu ini juga udah ngerasa perlu lagi nih mengasah kemampuan berbahasa Inggris nih. 



Tentang Mini Course ISB x TBI 

Karena tergabung dalam grup ISB Community, aku dapet informasi kalau ada kelas mini course creative writing kerjasama dari ISB Community dan kursus bahasa Inggris TBI. Kelasnya berupa '3 days mini course' diadakan secara online, dibawakan oleh Mr. Jamie Saliban dari TBI Kelapa Gading, berlangsung selama 2 jam tiap pertemuannya. Pesertanya adalah kami para blogger ISB Community. 

Kursus bahasa Inggris kali ini temanya adalah creative writing, pas banget karena sekarang ini gak cuma berfikir kreatif tapi menulis kreatif dan menuangkannya ke dalam bahasa Inggris juga gak kalah penting. 

Kelas dimulai pada 1 April lalu dengan Mr. Jamie dari TBI Kelapa Gading sebagai instruktur kami. Kelas pertama dimulai dengan perkenalan lalu membahas tentang film yang kami suka lalu membuat resensinya. Sudah lama sekali saya tidak belajar seperti ini dan mengasah kembali kemampuan berbahasa Inggris saya. It's been very a while! ya namanya juga bahasa ya, harus selalu diasah kalau tidak akan mudah sekali lupa. Untuk resensi film aku memilih film Bad Genius yang merupakan film Thailand favorit saya karena sinematografi dan pemainnya bintang semua hehe 


Masuk hari kedua di 2 April lalu kita membahas tentang bagaimana me-resensi restaurant secara menyeluruh. Ini tricky karena saya sebagai travel blogger sering sekali membahas tentang makanan di konten dan sering melihat review di tripadvisor dan google maps terkait restaurant. Biar orang tergugah dengan resensi yang ditulis, kita harus melibatkan berbagai sensori serta pengalaman yang kita rasakan menggunakan kata-kata yang 'menggugah' dalam bahasa Inggris. Triggering my past experience as an exchange student when it comes to choose the restaurant to eat by asking my friends from school. 


Dihari ketiga pada 3 april tibalah waktunya kita untuk membahas tentang bagaimana membuat news report. Sangat relate sekali dengan aku sebagai lulusan Ilmu Komunikasi hehe what a great way to refresh my memory! Kelas terakhir ini juga seru karena kita diajak buat menebak jalan cerita sebuah news report terkait guru yang hilang berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang akan berujung kepada jawabannya. Jadi berasa detektif nih hehe

Kita sebagai blogger harus sebisa mungkin membuat tulisan yang relate dan benar-benar berdasarkan pengalaman yang kita alami sehingga para pembaca juga merasa 'relate' dengan tulisan kita

Sesuai juga nih dengan Mba Diah Pratiwi Soehendro (Marketing Communication Manager TBI), “Menguasai kemampuan membuat artikel blog berbahasa Inggris akan berpeluang mendatangkan target pengunjung lebih besar. Itulah mengapa menulis artikel berbahasa Inggris sudah pasti memiliki daya tarik tersendiri bagi para blogger. Tidak mudah, terutama bagi para pemula, namun tidak sulit, bagi mereka yang ingin terus belajar. Sesuaikan gaya tulisan dengan konteks dan tujuan agar lebih tepat dan efektif.”


TENTANG TBI

The British Institute, yang juga dikenal sebagai TBI, didirikan pada 18 Februari 1984 sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris. TBI yang didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Dengan menerapkan metode pengajaran eklektik (eclectic approach), TBI menitikberatkan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal. TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional.

Kenapa Kursus Bahasa Inggris di TBI Kelapa Gading?

1. Berkualitas

Sebagaimana TBI yang lain, kualitas TBI Kelapa Gading tidak perlu diragukan lagi dari segi metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pendidik, kurikulum, serta modul atau panduan yang digunakan.

2. Sistem pembelajaran beragam

• Offline learning

• Online learning

Peserta kursus bahasa Inggris TBI juga bisa belajar di mana saja dan dari mana saja. Hal ini dikarenakan TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara daring dan aplikatif.

3. Lokasi strategis

TBI Kelapa Gading berada di lokasi strategis yang sangat dekat dengan Lintas Raya Terpadu (LRT), pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya.

4. Jadwal kelas variatif

Jadwal belajar peserta kursus bahasa Inggris TBI sangat variatif. Peserta dapat memilih sesuai kebutuhan, dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB.

5. Trial Class

Untuk calon peserta kelas Children, Pre-Teen, Teen dan Global English dapat mencoba kelas terlebih dahulu sebelum join class apakah kelasnya sesuai dengan level dan bisa mengikutinya.

6. Biaya kursus bahasa Inggris terjangkau

Biaya yang terjangkau jadi nilai tambah tersendiri. Apalagi setiap bulannya selalu ada promo program kursus. Khusus untuk bulan Ramadan kali ini sampai dengan tanggal 10 April 2024, TBI Kelapa Gading menawarkan diskon sebesar 20% untuk seluruh program bahasa Inggris.

7. Program kursus sesuai tingkat kemampuan & kebutuhan

Selain kelas untuk publik yang mencakup anak-anak hingga remaja, TBI Kelapa Gading juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan maupun institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawan melalui program pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan bersama dengan tutor bersertifikasi internasional. Dengan demikian, karyawan perusahaan akan lebih banyak peluang untuk promosi jabatan dan juga pengembangan karir ke arah manajerial atau peran internasional.


Program-program TBI

Core Programmes

• Young Learner English

• Pre - Teenager English

• Teenager English

• Global English

• Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)

• Professional English

• Corporate Training


Customised Programmes

• Workshop for Professionals

• Private Classes

• International Exam Prediction Test

• Short Course


Powered by UTC

• ICAS

• Teacher Training

• CELTA

• Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)

• Digital Learning


Buat aku yang kepikiran buat lanjut S2 dan harus mengambil kelas tes kemampuan bahasa Inggris, aku akan tetap keep in touch dengan TBI nih. Kalau kalian gimana? Kalau nyari kelas buat belajar bahasa Inggris boleh lho consider ambil kelas di TBI juga!



You Might Also Like

0 Comments