PENGALAMAN PERTAMA MAIN SKI DI KOREA : VIVALDI PARK SKI WORLD (비발디 파크 스키월드) #WKS2021

November 07, 2021

 

안녕하세요!

Halo Chingu!


Sudah masuk akhir tahun, saatnya menikmati udara dingin, pakaian tebal yang hangat, dan turunnya salju! Ah indahnya.. seindah kesempatan yang aku dapatkan pada Desember 2018 lalu ketika menginjakan kaki pertama kali di Korea bareng Korea Tourism Organization (KTO) dan Edho Zell.

Kebetulan banget saat itu sudah masuk musim dingin. Musim yang aku sudah aku nantikan karena bisa melihat salju lagi setelah sekalian lama :D Salah satu yang menjadi tujuan utama kami adalah main Ski! tepatnya di Vivaldi Park Ski World (비발디 파크 스키월드) yang terletak di Gangwon-do, Korea. Waktu yang tepat untuk main ski di Korea adalah dari bulan Desember hingga Februari. Tapi jangan berekspektasi kalau salju bakal turun terus setiap waktu ya, kalian bisa menyesuaikan waktu datang kalian dengan laporan cuaca harian. Siapa tau kalian beruntung :D Ohiya, bisa cek webiste CCTV dari mereka juga ya di sini.


Buat kalian yang mau ke sini, disarankan beli paket ya biar gampang. Paket ski sebagian besar termasuk shuttle bus antar-jemput pulang pergi dari Seoul, tiket ski, penyewaan peralatan ski atau penyewaan papan luncur salju dan penyewaan pakaian musim dingin termasuk jaket, celana, sepatu dll. Kalian bisa beli di Klook yang harganya sekitar 85.000 won Korea. Namun harganya bervariasi dari jenis paket yang akan kalian dapatkan. Biasanya berkisar antara 85.000 hingga 100.000 won Korea.

Untuk pergi ke sana dari kota Seoul kita menumpang shuttle bus yang disediakan oleh pihak Vivaldi Park Ski World dengan waktu tempuh hanya dua jam lebih, berangkat pukul 07.30 dan sampai kurang lebih pukul 09.30 dengan 1x pemberhentian di rest area antara Seoul dan Gangwon-do.



Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih paket adalah jenis aktivitas yang ingin kalian lakukan. Ada pilihan dari Ski, Snow Sledding, dan Snowboarding. Paket ini juga memiliki pilihan jika kalian yang sekalian ingin belajar Basic Ski Lesson. Kami pun memilih paket Ski. Ini merupakan kali pertama aku mencoba ski. Setelah selesai mendapatkan jaket, wintercoat, helm, dan pakaian tebal untuk bermain ski, kami juga harus memakai sepatu yang sesuai yang sudah termasuk dalam sewa. Sepatunya berat banget dan lumayan susah dipasang haha



To be noted juga kalau suhu di ski resort tuh bisa dingin banget! better kalau kalian juga persiapan untuk bawa hot pack, beanie, penutup telinga, moisturizer dan hal lain juga ya. Tenang, ada penitipan barang juga di sini dijamin aman :D

Tibalah saatnya kami mencoba ski~

Saat itu kami dibimbing oleh instruktur asing buat kami para turis menggunakan bahasa Inggris. Pas latihan kami diajari teknik dasar dalam bermain ski meliputi cara memasang alat ski, cara berjalan, cara jatuh, cara mengerem dan hal lain yang kami harus kuasai dalam waktu satu jam sebelum akhirnya bisa dilepas mandiri haha


Buat aku sendiri bagian paling sulit adalah mengerem karena alat ski ini dipasang di kaki yang sebelumnya kita harus mengenakan sepatu yang berat. Asli dobel banget masalahnya haha setelah satu jam berlatih dan yakin bisa, kami lanjut untuk naik ke atas. Dari dasar resor, ada gondola 8 tempat duduk yang akan membawa kalian ke puncak dalam waktu sekitar 7 menit. Menawarkan pemandangan panorama yang menakjubkan dari seluruh resor dan lanskap musim dingin, pohon berguguran diselimuti salju. Ah... indahnya! Di gondola, perasaanku sungguhlah campur aduk. Duh bisa ga ya? haha

Ternyata benar, pas udah sampai di atas dan bersiap untuk meluncur ke bawah. AKU JATOH! HAHAHAHA ini bener-bener kaya lagunya cakra khan, aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi~~ asli...... posisinya aku gabisa ngapa2in dan yaudah jatoh aja gitu ga ada yang bisa nolong karena Kak Edho dan Jessica udah meluncur ke bawah hahaha aku sempat terdiam aja sambil bengong, ada kali 10 menitan wkwk trus akhirnya bangun karena ada yang bantu :") *thank you eonni yg udah bantu waktu itu* dan dengan penuh pertimbangan mencoba hal sekali seumur hidup akhirnya aku memutukan untuk meluncur ke bawah! 


SERU. SERU. SERUUUU!

Dulu, aku pernah mencoba snowboard sledding di US, tapi ski is another different level. Pas turun tuh bener-bener asik banget menerobos angin winter yang cukup dingin dan saat asyik meluncur eh didepan aku ada anak kecil bareng bapaknya gitu, aku gabisa ngerem dan akhirnya menjatuhkan diri ke tanah bersalju. plok. kaki aku kram hahaha tapi gapapa deh yang penting tidak mencelakai orang lain~

Setelah lelah jatuh bangun main ski, kami pun makan siang di dalam Vivaldi Park. Aku pesen comfort food Korean Bibimbap! 




Pukul 6 sore kami pulang kembali ke penginapan di Hongik. Perjalanan menaiki shuttle bus ditempuh selama 2 jam kembali ke Seoul yang saat itu cukup macet. 

Ini tentu aja bukan jadi yang terakhir, nanti pas udah bisa balik ke Korea mau main ski lagi pas winter! Ohiya buat kalian yang mau lihat keseruan aku ke Korea bareng KTO dan Edho Zell bisa cek videonya di sini ya!


Bagaimana caranya menuju VIVALDI PARK SKI WORLD?


Waktu itu, bus kami sudah tersedia di kawasan Hongdae. Jadi kami tinggal berjalan kaki dari penginapan. Tapi kalian juga bisa pergi dari Terminal Bus Seoul Sangbong atau Terminal Bus Dong Seoul, naik bus ke Terminal Bus Hongcheon. Dari Terminal Bus Hongcheon, naik Bus No. 70-1 atau 70-2 dan turun di Halte Bus Taman Vivaldi.

Ingin tahu lebih banyak seputar wisata di Korea Selatan? Yuk, cek social media dari Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta berikut ini :

Web KTO Jakarta
Instagram : KTO Jakarta @ktoid
Facebook Fanpage: Korea Tourism Organization (Indonesia) 
Twitter : @KTOJakarta
Tiktok : @kct.id
Youtube : Korea Tourism Organization - Jakarta


You Might Also Like

9 Comments

  1. Wahh traveling ke South Korea!! Envy banget akutuh!
    South Korea termasuk destinasi wisata paket lengkap, semua ada. Pemerintah sana serius banget sih mengembangkan potensi wisata mereka.

    ReplyDelete
  2. Hai kak asyik banget punya kesempatan bermain sky. Btw rasanya saat jatuh dihamparan es seperti apa? kan kalau aku jatuh di aspal lumayan sakit bahkan terluka juga. Dinginnya temperatur berapa kak?

    ReplyDelete
  3. Seru bgt sih kak, jadi pengen juga ke Vivaldi Park Ski World, aku masukin wishlist aku siapa tahu bisa terwujud d tahun depan ke Korea.

    ReplyDelete
  4. Asiknya main ski. Kalau Mpo ketemu salju pasti main lempar salju. Kebayang dinginnya. Btw, mpo pasti rindu indomie rebus wkkk

    ReplyDelete
  5. Seru banget main skinya, andai waktu jatuh gak ada yang nolongin gimana tuh nasibnya? Naiknya tinggi banget gak sih Mas, aku bacanya kok horor, takut jatuh di tengah hutan trus sendirian sampai malam gak ada siapa-siapa, haha

    Jatuh di salju sakit gak sih, andai bisa bawa sirup marjam ya😁

    ReplyDelete
  6. Ahhh.. suka suka suka banget. Korea masih jadi bucketlist aku nih mas. Pengen banget bisa ke Korea. Seru juga kalo bisa main ski sambil mainan salju.

    ReplyDelete
  7. Waaaa...udah ke Korea aja diaa. Aku masih baru sampe nonton via drakornya hehehe. Semoga aja next time ada kesempatan dan rejeki bisa berkunjung ke Korea juga. Aammiinn.

    ReplyDelete
  8. Udah bayangin aja dinginnya salju hehehe padahal belum pernah ngalamin ketempat itu sih. Wuih asik ya bermain ski .. Apalagi di Korea yah. Kapan bisa kesana. Lihat foto kakak aja dulu deh 😃

    ReplyDelete
  9. Main ski emang seru banget. Paling susah adalah saat ngerem hahahaha. Untung enggak sampe nyangkut di tali pembatas. Pengen juga nih cobain main ski di korea selatan

    ReplyDelete