MOVE WITH MALONG! BELAJAR BUDAYA DAN TARIAN TRADISIONAL FILIPINA SECARA ONLINE

September 12, 2021

 Mabuhay, kaibigan ko!



Selama WFH (work from home) dan di rumah aja kaya gini gw selalu mencoba untuk mencari aktivitas seru biar ga bosen dan tetap produktif. 

Nah, kebetulan 11 September 2021 yang lalu aku berkesempatan buat ikutan salah satu acara seru yang diadakan oleh Philippines Department of Tourism Indonesia (PDOT Indonesia) bekerjasama dengan Philippines Department of Foreign Affairs (DFA PH), "Move with Malong : An Online Cultural Workshop" bertepatan tahun 2021 sebagai tahun leluhur pra-kolonial di Filipina.


Di dalam workshop kebudayaan interaktif ini, kita sebagai peserta workshop dapat mempelajari tarian tradisional Kappa Malong-Malong dan mengikuti aktivitas seru lainnya bersama dengan peserta dari berbagai negara. Tarian Kappa Malong-Malong ini merupakan tarian dari suku Maranao di Mindanao, Filipina dan dipilih untuk meningkatkan kesadaran akan budaya (cultural awareness) dan tradisi pra-kolonial Filipina yang memperkuat narasi Filipina sebagai negara dengan memiliki budayanya sendiri.

Sebelum mengikuti workshop ini, kita dikirimkan "Malong Kit" yang berisikan pouch dengan sentuhan motif khas Filipina, kain Malong, kain seperti sarung yang sangat fungsional (warna hijau untuk pria dan warna merah untuk wanita) dan juga beserta pamflet yang menjelaskan tarian Kappa Malong-Malong ini.


Workshop ini diikuti oleh perwakilan undangan dan perwakilan kedutaan atau pusat budaya Filipina yang tersebar di seluruh dunia. Walaupun kita terpisah jauh satu sama lain tapi kita disatukan secara virtual :D

Ohiya, rangkaian acaranya dimulai dengan peregangan badan dan melatih pernafasan karena nanti akan banyak bergerak mengikuti arahan oleh host dan Bayanihan Dance Company – kelompok seniman budaya Filipina yang terkenal – sebagai instruktur yang memberikan arahan dan pemahaman tentang kain Malong dan tarian Kappa Malong-Malong. 



Ternyata tidak hanya sebagai aksesoris atau sebagai sarung, kain Malong ini multifungsi~ bisa digunakan sebagai tas, gendongan bayi, topi, mantel saat hujan, dan masih banyak lagi

Lalu, para peserta juga diajarkan untuk menggunakan kain Malong sebagai pelengkap tarian Kappa Malong-Malong. Untuk pria, kita diajarkan untuk membuat turban kepala. lalu untuk wanita diajarkan memasang kain Malong sebagai rok/sarung dengan elegan.





Tidak lupa juga untuk sesi mengenal gerakan tarian Kappa Malong-Malong kepada peserta workshop yang sudah antusias.

It was such a great experience to be able to learn more about Philippines culture through an online cultural workshop! Though we are apart but we still can make it through, virtually. 

Maraming Salamat po, PDOT Indonesia at Philippines Department of Foreign Affairs (DFA PH) 



You Might Also Like

0 Comments