Musim Semi Bareng Kepiting di Uljin Snow Crab Festival Korea Selatan

April 23, 2021

안녕하세요!

Korea tidak hanya dikenal sebagai pusat dari K-Pop, tapi dari sisi budaya, keindahan alam, serta keunikannya menjadikan Korea sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya jika kalian memilih untuk mengunjungi Korea di musim Semi.

Banyak Perayaan musim semi di Korea Selatan biasanya dihabiskan dengan aktivitas melihat cherry blossom atau apricot blossom. Kali ini aku bakal ajak kalian jalan-jalan virtual ke kota Uljin, Gyeongsang, Korea untuk merayakan musim semi dengan cara yang unik, seru, dan tidak biasa!

Uljin snow crab. source : Polinews.co.kr


Uljin Snow Crab Festival

Setiap masuk musim semi di kota Uljin, kepiting jenis snow crab akan berkumpul dilaut dalam. Kepiting jenis ini adalah kepiting dengan warna merah menyala yang biasanya hidup dilaut dalam di perairan laut timur (East Sea). 

Biasanya kepiting salju mencapai bobot berat yang sesuai dengan rasa yang lezat 'melipir' pada musim semi, antara februari dan Maret. Momen ini dimanfaatkan oleh nelayan setempat untuk memanen snow crab. Karena momen inilah akhirnya festival unik perayaan 'Uljin Snow Crab Festival' tercipta. 

nelayan uljin snow crab. source : visitkorea.or.kr

Festival ini biasanya dirayakan antara Februari - Maret, menjadikannya keisitimewaan lokal yang terkenal di kota Uljin, yakni kepiting salju (snow crab). Pengunjung dapat menikmati berbagai olahan makanan laut segar yang ditangkap nelayan di pelabuhan Hupo Uljin. Untuk menikmati seporsi kepiting salju ini biasanya dikenakan harga yang cukup mahal, tapi di Uljin Snow Crab Festival pengunjung dapat menikmati harga spesial yang lebih terjangkau.

Kita juga dapat ikut serta dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kepiting, seperti kompetisi makan kepiting salju atau memancing kepiting salju ini. Wah seru banget ga sih!

Hidangan dengan baham Uljin snow crab. source : visitkorea.or.id

Daging kepiting Uljin yang juicy dan tebal. source : visitkorea.or.id

kepiting Uljin yang siap untuk disantap. source : trazy.com

Selain itu, festival ini juga dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara lain seperti pertunjukan musik, beragam permainan tradisional juga turut dipamerkan dan yang ngga kalah seru kalian juga bisa menuliskan 'wish' kalian di dalam cangkang kepiting! Tentunya pengalaman unik ini cuma bisa kamu dapatkan di Uljin Snow Crab Festival.

menuliskan 'wish' di cangkang kepiting. source : trazy.com

Bagaimana caranya untuk sampai di Uljin Snow Crab Festival? 

Untuk pergi ke Uljin Snow Crab Festival, kalian bisa naik metro dan bus. Pertama pergi ke Yangjae Station (Seocho-gu Office) menuju Gangnam Station. Setelah itu perjalan dilanjutkan sampai Gangbyeon Station untuk selanjutnya menaiki Bus dari Dong Seoul Terminal menuju Pyeonghae Bus Stop dan berjalan sekitar 3 menit kalian akan tiba di Uljin Snow Crab Festival di Uljin. 
Perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam 54 menit.



Info lebih lanjut seputar Uljin Snow Crab Festival :

  • AddressHupo-ri, Uljin-gun, Gyeongsangbuk-do
    경상북도 울진군 후포면 후포리
  • LocationArea of Wangdolcho Plaza at Hupohang Port
  • Telephone• 1330 Travel Hotline: +82-2-1330
    (Korean, English, Japanese, Chinese)
    • For more info: +82-54-789-5485
Ingin tahu lebih banyak seputar wisata di Korea Selatan? Yuk, cek social media dari Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta berikut ini :

Web KTO Jakarta
Instagram : KTO Jakarta @ktoid
Facebook Fanpage: Korea Tourism Organization (Indonesia)
Twitter : @KTOJakarta
Tiktok : @kct.id
Youtube : Korea Tourism Organization - Jakarta

source : https://www.visitkorea.or.id/article/festival-kepiting-salju-uljin, https://www.korea.net/Events/Festivals/view?articleId=4380, https://www.trazy.com/experience/detail/uljin-snow-crab-festival

You Might Also Like

4 Comments