PANDUAN JALAN - JALAN KE SINGAPURA 3 HARI 2 MALAM (+ Itinerary dan Budget)

August 25, 2019

Halo gengs!

Akhirnya gw balik lagi ke Singapura setelah terakhir tahun 2015 :D (sehabis itu cuma numpang transitDi postingan kali ni gw bakal share cerita seru gw ngetrip tanpa wacana bareng geng gw sekaligus share itinerary dan budgetnya juga nih!


Rencana untuk rangkum itinerary ini sebenernya udah cukup lama pengen dilakuin, cuma baru sempet aja nih waktunya buat di taruh di blog hehe tahun ini cukup berkesan dan berbeda karena akhirnya gw bisa pergi bareng temen-temen gw dari SMA hahaha setelah sekian wacana berlalu, akhrnya jadilah di trip ini gw pergi bareng sohib gw Hairi dan Imam plus tambahan Naura juga ikut gabung di trip ini.




.

#Persiapan

Jadi sebelum berangkat, gw udah mulai riset lagi nih. List-nya akan gw rangkum di sini :

  • SIM Card
  • EZ Link Card (buat transportasi)
  • Hotel
  • Tourist Attraction Ticket

SIM CARD

Hal pertama dari list adalah SIM Card buat tetep eksis (dan biar ngga nyasar) selama di Singapura, Gw pun memutuskan untuk beli SIM Card dari Indonesia di web-nya Changi Recommends (www.changirecommends.com). Kenapa? karena harganya oke banget dan jadi lebih hemat.

Tourist Prepaid Simcard M1 ini beli online harganya cuma jadi $9.80, kalau beli di Changi langsung harganya $12 dengan total kuota sebesar 100 GB + 300 menit nelpon di SG + 100 SMS + 20 menit nelpon internasional berlaku selama 7 hari. GILE KAN! Bingung abisinnya wkwk


tampilan website changi recommends


TRANSPORTATION CARD?

Terus, selanjutnya adalah untuk hal transportasi sebenarnya kalian bisa beli EZ Link Card (semacam kartu Flazz/E-money yang bisa dipakai buat naik public transportation dan belanja di Seven Eleven dll) atau Singapore Tourist Card di web Changi Recommends ini. Gw pun hampir memutuskan buat beli kartu EZ Link ini tapi.... gw inget banget waktu itu di twitter ada yang pernah posting kalau kartu Jenius bisa dipakai di Singapura. Gw pun akhirnya mengurungkan niat buat beli dan mengandalkan Jenius aja haha Ohiya, FYI juga transaksi gw di Changi Recommends ini bayarnya pakai Jenius juga ☺

Gw bikin budget sebesar $20 untuk transport selama di Singapura menggunakan fitur Mata Uang Asing Jenius. FYI, ini fitur yang membantu banget buat kita yang lagi travelling di luar negeri karena kursnya oke dan gak perlu repot lagi dengan ketidakpastian harga kurs tiap transaksi. Laporan transaksinya di akumulasi selama 24 jam ya.

HOSTEL?

Selanjutnya adalah perihal Hotel. Ini bagian paling tricky. Hotel di Singapura bisa dibilang cukup mahal jika dibandingkan dengan negara ASEAN yang lain. Sebenarnya gw ngga masalah buat nginep di mana aja asalkan deket sama public transport kaya stasiun MRT/Bus tapi karena ini tripnya ramean gw pun menyesuaikan lagi dengan temen-temen yang lain dan mereka pengennya yang deket dengan masjid yang terkenal di Singapura, yakni Masjid Sultan. Maka gw pun mengerucutkan pilihan riset ke hostel sekitar daerah Haji Lane ini dan ketemu lah hostel yang harganya cukup lumayan yakni Kampong @ Arab Hostel.


Kampong @ Arab Hostel, Haji Lane (source : kayak)

Ini kamarnya yang ada di lantai 3 (mix dorm)

Ini foto last minute di depan hostel sebelum pergi subuh-subuh ke bandara wkwk

Hostel ini lokasinya super duper strategis karena ada di kawasan Haji Lane, dan dekat kalau mau ke Bugis. Ada MRT Bugis dan Bus Stop juga jadi convenient banget kalau mau kemana-mana. Kulineran halal juga gak repot karena ada di Haji Lane. Ohiya, harga per malam hostel ini adalah Rp 172.000 per malam via traveloka dan gw book untuk 5 malam (itu harga tanpa promo, kebetulan gw pake promo dari Traveloka jadi cuma Rp 158.000an hehe). Bisa dibilang murah karena biasanya hostel di Singapura itu Rp 200.000-an ke atas.

Ohiya, format hostelnya ini tipe capsule dormitory ya. Kamarnya dipisah cewek dan cowok, kalau cewek ada di lantai 2, sedangkan cowok ada di lantai 3 dan 4. Satu kamar ada 12 bunk bed dilengkapi tirai jadi privasi terjaga lah ya. Di dalam capsule ada 2 bantal, selimut, dan colokan. Surprisingly... kasurnya spring bed! Jarang banget haha


TOURIST ATTRACTION TICKET?

Oke, selanjutnya adalah persiapan tourist attraction ticket. Sebenarnya format jalan-jalan kali ini adalah low budget ya, jadi kita gak banyak ke tempat yang berbayar. Satu-satunya tempat berbayar yang kita tuju adalah Singapore Art Science Museum. Harga tiketnya Rp 137.000 via Tiket dot com. Detailnya nanti di postingan selanjutnya ya.


TOTAL BUDGET YANG DIBELI DARI INDONESIA


CATATAN :
* Kurs SGD per Agustus 2019 adalah Rp.10,400
* Berberapa harga termasuk promo, jadi harga aslinya bisa dicek di web bersangkutan

Next postingan ->  Makan Murah di Orchid Food Court Changi Airport - PANDUAN JALAN - JALAN KE SINGAPURA 3 HARI 2 MALAM - Part 2









You Might Also Like

0 Comments