PENGALAMAN PAKAI MODEM JAVAMIFI DI FILIPINA : ANTI SUSAH SINYAL! (REVIEW)

September 09, 2022

Halo gengs!

Belakangan ini kita udah semakin dimudahkan ya buat kemana-mana terlebih untuk trip keluar negeri, gw pun melihat peluang ini untuk bisa merencanakan trip yang selama ini udah pengen banget gw lakuin : ke Filipina!

Berbekal tiket promo 1 juta untuk tiket Cebu Pacific Jakarta - Manila pulang-pergi gw pun bersama ke-empat teman gw siap buat menjelajah Filipina nih. Setelah memutuskan itinerary, akomodasi, dan persiapan lain, tibalah perbincangan mengenai koneksi kita selama di sana nanti. Muncul keresahan. Maklum kita semua malas untuk mengaktifkan mode roaming SIM Card dari Indonesia karena mahal dan tidak yakin jaringan provider dari Indonesia dapat menjangkau titik jauh dari ibukota negara yang akan kita kunjungin.


Dulu pernah trip sebelum pandemi ketika 2019 gw pergi ke Malaysia, kebetulan saat itu gw berada di Penang dan pergi ke tempat yang berada cukup jauh dari kota dan hasilnya, internetnya pun naik turun

Untuk mencakup destinasi yang jauh dari ibukota, pilihan kita ada dua, yakni membeli SIM Card lokal atau membawa modem wifi dari Indonesia. Tapi.. kalau membeli SIM Card lokal, konsekuensinya adalah kita gak paham dan bingung memilih mana SIM Card yang punya jaringan oke dengan harga yang bersahabat. Kita kurang cukup info untuk tahu lebih banyak haha 

Dengan alasan itulah kita mengambil keputusan utk mencoba membawa modem wifi dari Indonesia. Tapi sekarang masalahnya adalah, bagaimana memilih modem wifi dengan jaringan oke ya? Beruntungnya gw ngetrip bareng temen-temen travel blogger yang udah malang melintang kemana-mana hahaha akhirnya mereka merekomendasikan buat pakai modem wifi dari JavaMifi aja. 

Kenapa harus JavaMifi?

Awalnya gw juga skeptis sih, soalnya tiap ngetrip keluar negeri tuh selalu beli SIM Card lokal setibanya di negara tujuan. Tapi karena trip kali ini berbeda, akhirnya gw memberanikan diri buat mencoba hal baru yakni bawa mobile WiFi dari Indonesia. Ternyata berbagai kemudahan dalam konektivitas internet bisa kita dapetin loh gengs! JavaMifi merupakan startup anak bangsa yang menyediakan layanan Mobile WiFi berkecepatan tinggi untuk digunakan lebih dari 160+ negara termasuk Filipina!

Kalian tahu kan modem dari JavaMifi tuh gak terikat dengan satu SIM Card aja? Jadi Modemnya tuh konsepnya multioperator (dalam 1 modem terdapat 3 provider terbaik dari tiap negara yang dituju), artinya modem akan menangkap jaringan terbaik secara otomatis di lokasi kalian. Canggih kan?

Bayangin nih kalau misalnya kalian cuma pakai SIM Card biasa kalian cuma bisa pakai buat satu device dan kalau mau lebih harus tethering dan kecepatanya pun menurun. Itu juga kalau jaringannya kenceng kalau dibawa ke daerah yang sulit dijangkau



Nah di hari keberangkatan, gw ambil modem Javamifi ini di counter terminal 3 dekat pintu keberangkatan internasional setelah sebelumnya gw order via website JavaMifi. Kalian juga bisa order via traveloka atau diantar ke rumah kalian. Kalau gw sih prefer langsung pickup aja di bandara sekalian hehe 

Nah untuk pembayaran via website menggunakan kartu debit atau kredit, kalian terbebas dari biaya deposit ya. Untuk harga paket juga bervariasi, Untuk ke Filipina gw memilih paket True Unlimited Quota (Rp 120.000/hari) dengan kuotanya yang unlimited dengan jaringan 4G berkecepatan tinggi dan menjangkau seluruh bagian Filipina (nationwide). Selain itu, modem JavaMifi juga dapat diakses hingga 5 devices dan baterainya tahan hingga 20 jam penggunaan. 



Ketika gw mengambil paket modemnya di airport gw mendapatkan satu buah pouch yang berisi unit modem JavaMifi berwarna oranye lengkap dengan kabel data USB, universal travel adaptor, dan guidebook.

#AntiSusahSinyal selama di El Nido, Filipina pakai JavaMifi

Sesampainya gw di Ninoy Aquino International Airport (NAIA) di Manila sekitar pukul 06.00 GMT+8 (setara dengan WITA) dan gw pun langsung mengaktifkan modem dan voila! jaringan modem JavaMifi langsung menangkap sinyal 4G dong!




Setelah mendarat kami pun mengisi perut di McDonald's terminal kedatangan karena kami harus melanjutkan perjalanan ke Puerto Princesa menumpang Air Asia dari Manila di siang harinya. keraguan saya pun juga terbantahkan karena setibanya di sana jaringan modem JavaMifi full service LTE dengan sinyal batang 3-4. Cukup oke banget mengingat ini di pulau jauh dari ibukota provinsi Manila. Two thumbs up! Perjalanan dilanjutkan menumpang mobil Van untuk bisa sampai ke El Nido yang jaraknya sekitar 5 jam, sepanjang perjalanan pun gw tidur pules banget, 2x naik turun pesawat dan menikmati delay juga cukup menguras tenaga.



Besoknya kami punya agenda buat ikut paket tour island hopping di sekitaran El Nido, dan waktunya buat gw juga menjajal kemampuan JavaMifi! Gw akuin ternyata gak disangka jaringannya oke banget bahkan di pulau kecil di Filipina sekalipun loh! 





Terus ngomongin performance baterainnya, bisa banget bertahan sekitar 7-8 jam dengan kondisi 3-4 device yang terkoneksi. Walaupun sedikit panas tapi sama sekali gak ganggu performa modem JavaMifinya kok gengs. Sabi banget buat tetep eksis upload IG Story atau sekadar chat-an sama gebetan ngabarin lagi liburan *uhuk



Overall gw rekomendasiin banget ke kalian biar internetan gak repot, sinyal LTE 4G langsung on dan #AntiSusahSinyal selama keluar negeri pakai modem JavaMifi! Sepulangnya kalian ke Indonesia kalian bisa langsung drop di booth JavaMifi di terminal 3 Soekarno Hatta atau atur jadwal ketemu dengan agen JavaMifi buat pickup di rumah kalian buat yg pesen paket Unlimited Plus.







You Might Also Like

0 Comments