MEWAH! PEMANDIAN AIR PANAS DAN SPA SAAT MUSIM DINGIN DI KOREA! #WKS2021

November 07, 2021

 

안녕하세요!

Halo Chingu!

Mengunjungi Korea bisa dilakukan di semua musim, termasuk musim dingin! Buat kalian yang ingin merasakan pengalaman berbeda, aku punya rekomendasi buat mengunjungi pemandian air panas dan spa di Korea. Korea juga memiliki pemandian air panas dan spa dengan menggunakan air mineral panas bumi. Untuk menikmati sedikit budaya Korea penuh kehangatan di musim dingin ini, pergilah ke pemandian air panas atau spa Korea!



Spa merupakan tujuan yang begitu populer saat musim dingin berkat khasiatnya yang mampu memberikan ketenangan maksimal. Nah, tak hanya itu, spa yang juga menawarkan fasilitas pijat yang ada di beberapa hotel maupun pusat perbelanjaan sekitar area metropolitan. Untuk kegiatan yang lebih seru, kamu bisa mengunjungi water park yang dibuka sepanjang tahun dengan kehadiran kolam indoor maupun outdoor yang menggunakan air mineral demi kenyamanan anak-anak maupun orang dewasa. Pada musim dingin kali ini, nikmati salah satu dari beberapa spa dan pemandian air panas di Korea. Sudah siap?


Pemandian air panas, spa, sauna, jjimjilbang, pemandian umum... Apa bedanya?!


Sebelum kita membahas perbedaan, mari kita lihat persamaannya. Semua fasilitas menawarkan fasilitas mandi dan sauna, serta ruang ganti terpisah dan area komunitas pisah gender. Beberapa tempat harus mengenakan pakaian renang atau pakaian sewaan. Biasanya kita perlu mandi singkat dulu sebelum menggunakan fasilitas tersebut!

1. Pemandian air panas

Pemandian air panas menggunakan air bawah tanah yang secara alami dipanaskan melalui energi panas bumi. Pemandian air panas Korea menggunakan air dengan panas setidaknya 25 ℃, yang menghilangkan komponen beracun. Pemandian air panas dibagi menjadi kolam pria dan wanita, dan beberapa fasilitas juga menawarkan kolam renang keluarga serta pemandian luar ruangan.

2. Spa

Spa adalah istilah umum untuk merujuk pada sumber mata air mineral atau fasilitas yang menawarkan perawatan kesehatan serta kecantikan, termasuk tetapi tidak terbatas pada sauna, kolam pemandian, dan pemandian uap.

3. Pemandian umum

Pemandian umum dengan berbagai ukuran dapat ditemukan di hampir setiap wilayah Korea, dari pemandian kecil di kompleks apartemen hingga fasilitas besar yang menyaingi spa mewah. Sebagian besar pemandian besar juga menawarkan fasilitas jjimjilbang. Karena semua pengunjung harus benar-benar telanjang untuk menggunakan fasilitas, pemandian dan ruang ganti secara ketat dibagi berdasarkan gender, dan anak-anak di atas usia empat tahun dilarang memasuki area gender yang berbeda pada 1 Januari 2020.

4. Sauna

Sauna awalnya disebut mandi uap Finlandia, tetapi sekarang telah berevolusi dan digunakkan untuk menyebut semua jenis pemandian yang membuat seseorang mengeluarkan keringat. Sebagian besar pemandian umum, jjimjilbang, dan taman air di Korea memiliki fasilitas sauna.

5. Jjimjilbang

Jjimjilbang mengacu pada sauna bergaya Korea yang menggunakan api untuk menciptakan kamar yang panas. Penggunaan jjimjilbang biasanya akan memakan biaya 1.000 hingga 3.000 won di luar biaya masuk pemandian dasar. Karena jjimjilbang buka 24 jam, banyak wisatawan dengan anggaran terbatas menggunakannya sebagai akomodasi murah; sebagian besar jjimjilbang memiliki kamar tidur yang dipisahkan berdasarkan gender, tetapi kamu akan berbagi kamar dengan banyak orang lain, jadi kami sarankan untuk membawa penyumbat telinga!


Deokgu Spaworld


Deokgu Spaworld di Uljin adalah satu-satunya pemandian air panas di Korea tempat air secara alami naik ke permukaan. Setiap hari, hampir 2.000 ton air mengalir melalui taman air ini, membuat resor ini mendapatkan gelar "pemandian air panas terbaik" di Gyeongsangbuk-do. Air mencapai suhu lebih dari 42,4 ℃ dan penuh dengan mineral seperti kalsium dan kalium. Kualitas ini memberikan sifat penyembuhan air, bermanfaat dalam mengobati berbagai ketidaknyamanan kulit dan kesehatan, seperti neuralgia, radang sendi, nyeri otot, dan masih banyak lagi.

Daya tarik utama Deokgu Spaworld lainnya adalah lokasinya di lereng Gunung Eunbongsan. Kolam renang terbuka menawarkan pemandangan indah formasi batuan yang fantastis dan air jernih yang mengalir melalui lembah di bawah. Resor ini sangat baik untuk keluarga, karena dilengkapi dengan kolam renang anak-anak, tempat berjemur luar ruangan, kolam melati, sauna kayu, dan masih banyak lagi.




Bagaimana caranya menuju Deokgu Spa World?

Alamat: 924, Deokguoncheon-ro, Uljin-gun, Gyeongsangbuk-do (경상북도 울진군 북면 덕구온천로 924)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit atau bus sekita 35 menit dari Terminal Bugu
* Bus berangkat dari Seoul di Terminal Bus Dong Seoul

Spa Ginseng Merah Jinan 

Spa Ginseng Merah Jinan terletak di kaki Gunung Maisan di Jinan, wilayah yang terkenal dengan ginseng merah. Ini adalah satu-satunya spa obat ginseng merah di Korea, mengikuti pedoman Donguibogam, sebuah ensiklopedia tentang prinsip-prinsip dan praktik kedokteran Timur.




Spa dibagi menjadi spa umum dan spa destinasi, program perawatan sistematis yang kini sangat populer. Berbagai program terapi berlangsung di kamar pribadi, dan berkisar dari terapi herbal hingga termal, kolam bade, aroma, dan hampir 10 perawatan unik lainnya. Spa umum populer di kalangan keluarga, dengan tempat-tempat seperti kolam renang terbuka di atap atau kolam renang taman langit, yang menawarkan pemandangan Gunung Maisan yang dapat dinikmati sambil bersantai.

Bagaimana caranya menuju Spa Gingseng Merah Jinan?

 Alamat: 16-10, Oesayang-gil, Jinan-gun, Jeollabuk-do (전라북도 진안군 진안읍 외사양길 16-10)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 5 menit atau bus sekitar 10 menit dari Terminal Bus Antarkota Jinan
☞ Jam operasional: 09:30-20:30
* Kunjungan terakhir 17:00 pada hari Senin terakhir setiap bulan

Yongsan Dragon Hill Spa


Dragon hill spa merupakan jjimjilbang dan fasilitas spa yang cukup besar untuk mendapatkan pengalaman beragam jenis sauna dengan harga terbaik. Fasilitas yang hadir di 8 lantai ini dilengkapi dengan berbagai kegiatan menyenangkan, seperti sauna bertema, spa, ruang pijat, kolam pemandian terbuka.  



Hal yang paling menonjol, spa ini memiliki dekorasi interior yang megah dan sauna arang kayu besar yang begitu unik dengan proses pemanasan, proses ini mampu mengeluarkan aroma kayu berkat pembakaran tradisional kayu oak. Fasilitas lain yang hadir dalam spa ini adalah tersedianya kolam renang serta pusat kebugaran.

Bagaimana caranya menuju Yongsan Dragon Hill Spa?


Alamat: 40, Hangang-daero 21na-gil, Yongsan-gu, Seoul
Petunjuk arah: 
-    Stasiun Yongsan (Kereta bawah tanah Seoul jalur 1), pintu keluar 1. Berjalan kaki sekitar 5 menit
-    Stasiun Sinyongsan (Kereta bawah tanah Seoul jalur 4), pintu keluar 3. Berjalan kaki sekitar 5 menit
Jam operasional: Buka 24 jam, sepanjang tahun (Bervariasi tiap fasilitas)

Ingin tahu lebih banyak seputar wisata di Korea Selatan? Yuk, cek social media dari Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta berikut ini :

Web KTO Jakarta
Instagram : KTO Jakarta @ktoid
Facebook Fanpage: Korea Tourism Organization (Indonesia) 
Twitter : @KTOJakarta
Tiktok : @kct.id, 
Youtube : Korea Tourism Organization - Jakarta

source : https://www.visitkorea.or.id/article/musim-dingin-dalam-kehangatan-pemandian-air-panas-spa, https://www.visitkorea.or.id/article/kemewahan-musim-dingin-di-spa-pemandian-air-panas-korea

You Might Also Like

1 Comments

  1. wah seru banget, doakan secepatnya aku bisa menyusul ke Korea ya kak :D

    ReplyDelete