Vaksin Influenza sebelum Traveling, Perlu Gak Sih? #worldfluday

November 28, 2019

Ngomongin liburan itu  gak cukup cuma prepare duit, waktu, akomodasi, transportasi selama di destinasi dan jatah cuti. Ada satu hal yang sering terlupakan, yakni Kesehatan. Kesehatan juga jadi hal yang kudu direncanain loh gengs! Gimana ya?




Sebagai seorang travel blogger yang suka ngetrip dadakan karena liat harga tiket murah kadang suka menyepelekan faktor kesehatan nih. Gak jarang jelang hari keberangkatan gw suka tiba-tiba sakit dadakan. Menjaga kesehatan sebelum liburan ini wajib banget. Ga mau dong udah sampe sana, trus sakitnya kambuh. 

Buat yang suka traveling kaya gw gini rentan bgt emang kena flu. Penyakit flu gabisa dianggap remeh loh. Karena ada 1 miliar kasus flu tiap tahunnya di seluruh dunia. Influenza merupakan penyakit yang lazim diderita bagi orang yang sedang berpergian. Flu soalnya gampang banget penularannya karena dapat ditularkan melalui udara apalagi saat kita berada di ruangan tertutup seperti pesawat, atau simpelnya misal kita berada di tempat yang banyak orang seperti bandara, pelabuhan, atau pusat perbelanjaan dan setelah pegang benda-benda yang siapa tahu abis dipegang oleh penderita yang membawa virus influenza kaya gagang pintu, pegangan eskalator gitu. 

Influenza juga bisa menyebabkan kematian loh gengs! Soalnya nih ada berberapa orang yang mengalami influenza berat, yang tadinya infeksinya cuma ada di daerah hidung dan tenggorokan, dia akan menular sampai ke paru-paru. Nah, disitu lah resiko kematian oleh influenza akan tinggi.




Resiko penyebarannya sulit kita hindari karena virus flu ada terus dimana pun kita berada. Ohiya virus flu juga bisa bergantung pada lokasi dan destinasi yang kita tuju loh. Di belahan utara bumi, peningkatan risiko terjadi sekitar Oktober hingga April atau Mei, dan di belahan bumi selatan, sekitar April hingga September. Sementara di beberapa negara tropis, seperti Indonesia, penyebaran flu bisa terjadi sepanjang tahun. Flu itu gak enak banget. Karena selain bikin meler, bersin-bersin terus menerus, belum lagi kalau udah nyerang ke kepala pasti bikin pusing dan buat badan panas juga. Bikin rencana liburan jadi berantakan banget karena kita harus bedrest di hotel. Gak enak banget kan?

Nah, abis ikutan blogger gathering oleh Sanofi Pasteur Indonesia dengan tema "World Flu Day : Bebas Flu saat Traveling" gw pun dapet berberapa insights dari narasumber dr. Patricia Fina (Safoni Pasteur Indonesia) dan dr. Suzy Maria Sp.PD buat bikin kita tetep sehat selama traveling nih. 

Cara menangkal flu salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi influenza. Vaksin influenza merupakan salah satu cara yang dapat membantu kita lebih kebal terhadap virus flu. Prinsipnya seperti anak kecil yang menerima vaksin nih. Vaksinasinya sama, yakni memasukan partikel kecil dari virus yang tidak berbahaya ke dalam tubuh, kemudian tubuh manusia akan merespon dan membentuk kekebalan. Hasilnya, ketika terpapar oleh virus influenza-nya maka orang yang sudah di vaksinasi tidak akan sakit. Proses vaksinasi ini sendiri dilakukan melalui metode suntikan. Biasanya di bagian lengan atas tubuh. 



What to do kalau kamu kena flu?

Vaksinasi influenza bisa didapatkan di rumah sakit umum dengan dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam. Di pasaran umumnya terdapat berberapa jenis vaksinasi influenza, untuk traveller, dr. Suzy merkomendasikan untuk mengambil opsi vaksinasi yang paling lengkap (4 strip virus) biayanya sekitar 350ribu rupiah untuk perlindungan satu tahun.

Vaksinasi influenza ini boleh dilakukan kapan pun sepanjang tahun. Kalau di negara 4 musim dianjurkan vaksinasi di musim dingin. Kalau untuk persiapan travelling idealnya adalah 2 minggu sebelum melakukan perjalanan. 

Selain itu, berikut ini juga ada 5 fakta vaksin flu untuk para Traveller nih :
  • Sebagai infeksi yang paling umum di dunia, vaksinasi influenza sebelum kita bepergian juga dapat dijadikan investasi kesehatan kita dan tentunya akan menjamin liburan kita menjadi no worries dari masalah influenza gengs!
  • Flu dapat ditularkan sepanjang tahun kapanpun dan dimanapun. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk dapat melindungi diri kita dari influenza dengan melakukan vaksinasi.
  • Faktanya, virus influenza ini merupakan virus yang adaptif menjadi berberapa varietas dan berubah tiap tahun untuk menembus kekebalan tubuh. Seperti kasus flu burung, flu babi, atau flu singapura yang pernah menjadi kasus yang menghebohkan dunia kan?
  • Flu bikin kita bete liburan. Gak mau kan udah bikin itinerary kece dan padat terus jadi ga mood kemana-mana karena kena flu saat liburan? apalagi kalau sedang berpergian dengan mempunyai riwayat penyakit diabetes dan jantung. Makin berbahaya!
  • Pastikan kita sudah mendapatkan vaksinasi influenza sebelum travelling biar liburan kita makin asik tanpa repot kena flu ya.
Infografis fakta vaksinasi influenza 


Apa yang harus dilakukan untuk mencegah influenza?

Dengan istirahat yang cukup, minum cairan yang banyak, makan bergizi seperti daging, sayur dan buah dan vaksinasi influenza dapat membantu kekebalan tubuh kita untuk melawan virus flu. Saat sakit flu juga dianjurkan untuk mengambil cuti atau izin sakit karena jika dibiarkan tentunya akan menyebar ke orang-orang di sekitar.

Menjaga kebersihan tubuh juga dianjurkan seperti ketika bersin dengan menutup mulut, rajin cuci tangan dengan sabun dan air menalir juga selama 40-60 detik. 
.
Kalau kalian kena flu nih, kira-kira apa yang kalian lakukan pertama kali? Yuk, proteksi diri kita dengan vaksin influenza agar kita bisa bebas flu sebelum traveling ;) @kenapaharusvaksin @WWCommID

#worldfluday #sanofipasteur #travelsafe #travellife #influenza #fluseason #kenapaharusvaksin #instatravel

You Might Also Like

0 Comments