Itinerary Liburanku di Palembang, BookingLokal bikin Liburan jadi #GampangKan?

November 13, 2019

Sumpek dengan suasana Jakarta membuat gw gak ragu lagi buat mikir liburan, walau memang lagi akhir bulan. Gimana caranya? yuk, cus jalan!



Ngomong-ngomong soal liburan, ada satu kota yang bikin gw penasaran banget pengen ke sana, Palembang! Gw baru dua kali menginjakan kaki di tanah Sumatera dan belum pernah ada kesempatan buat ke Palembang. Ada satu wishlist yang pengen gw lakuin : makan Pempek langsung di daerah asalnya di depan jembatan Ampera haha 

Tapi kadang nih ya, satu hal muncul ketika liburan yakni akomodasi. Hotel mahal di akhir pekan kadang bikin mood liburan jadi drop banget kan? Jadi gw pun mau cerita, berawal dari perjalanan gw ke kantor, pagi-pagi udah gerah sama jalan Jakarta naik ojek online gw gak sengaja lihat banner BookingLokal deket halte harmoni. Jelas banget keliatan Promo Rp1000 Satu Malam Pertama dari BookingLokal. Ini seriusan? Terus gw pun langsung kepoin sama media sosialnya BookingLokal dan ternyata ini beneran gengs! Nginep 2 malam pun cuma Rp1000 buat Satu Malam Pertama. Kan bikin liburan jadi hemat banget :")




Ohiya, buat yang belum tahu, BookingLokal adalah platform pemesanan penginapan/hotel murah hemat kantong, menawarkan harga dan promo terbaik cocok bagi budget traveller kaya gw nih. Langkah pertama yang gw lakuin tentu aja riset tentang hotel selama di sana. Beruntung gw liat banner tentang promo BookingLokal jadi gw pun punya referensi. Caranya kalian bisa buka websitenya di https://bookinglokal.com/ lalu pilih Pesan Hotel. Kemudian pilih hotel di destinasi pilihan untuk mendapatkan harga Promo Rp1000 Satu Malam Pertama dari BookingLokal. Gw pun pilih hotel di Palembang. 


Ada banyak pilihan hotel di Palembang di BookingLokal yang bisa kalian pilih. Ohiya jangan lupa buat masukan kode promo juga yah karena banyak tambahan promo yang sayang buat dilewatkan seperti tambahan cashback 50% pakai Gopay :D Gw pun memilih hotel di BookingLokal yang berada di pusat kota, dan pilihan gw jatuh kepada Penginapan Graha Duta Syariah yang berada di kawasan Ilir Barat I, Kota Palembang. Total harganya Rp 145.000 + Rp 1000 untuk satu malam nih! Dapet good deal jadi #GampangKan :D?




Rencananya gw mau ke Palembang sambil menghabiskan akhir pekan jadi pergi Sabtu pagi dan pulang Minggu Malam. Sebelum mulai liburan gw pun udah asik banget mikirin bikin itinerarynya nih yaa siapa tahu kan bakal terwujud hehe 

Hari Pertama, Sabtu

Rencananya adalah pergi pada pagi hari menumpang pesawat pukul 07.35 dari Jakarta dan sampai di Palembang pukul 08.45. Setibanya di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II rencana pertama adalah sarapan di salah satu tempat kuliner legendaris di Palembang, yakni Mie Celor 26 Ilir H.M Syafei Z 26 di Jl. K.H Ahmad Dahlan, Ilir, Kota Palembang menggunakan taksi online. Selain Pempek, Mie Celor juga merupakan makanan khas dari Bumi Sriwijaya ini. Tekstur Mie-nya tebal dicampur dengan kuah santan dan kaldu ebi diatasnya diberi taoge,irisan telur rebus, seledri, daun bawang, dan bawang goreng.


Mie Celor sumber https://travelingyuk.com/mie-celor-di-palembang/223390/


Setelah kenyang, rencananya selanjutnya adalah mengunjungi Museum Balaputradewa. Museum ini menyimpan banyak benda sejarah dan bangunan rumah tradisional Limas berusia ratusan tahun dan Rumah Limas ini juga muncul di pecahan Rp 10.000 yang lama, untuk konten instagram story mengambil foto dengan menunjukan pecahan uang Rp 10.000 tentu menjadi hal yang wajib dilakukan hehe


Rumah Limas di Museum Baladewa sumber tripadvisor.com 

Sudah semakin siang waktunya check-in hotel di Penginapan Graha Duta Syariah. Setelah menaruh barang, mandi dan beristirahat sejenak, rencana gw menghabiskan waktu di sekitaran Ampera. Tujuan pertama adalah sholat zuhur di Masjid Agung Palembang atau Masjid Sultan Mahmud Badaruddin II masjid terbesar di kota Palembang menempati komplek seluas 15.400 meter persegi. Masjid ini dipengaruhi arsitektur Indonesia, China dan Eropa.


Masjid Agung Palembang sumber https://www.pegipegi.com/travel/

Tak jauh dari lokasi masjid, ada Pempek Saga Sudi Mampir untuk makan siang. Kata orang Pempek Lenggang di sini paling enak hehe buat yang belum tahu pempek jenis Lenggang ini merupakan pempek yang dimasak dengan cara dipanggang. Wah nikmat banget kalau dimakan sama cuko yang asem pedas manis hehe



Pempek Lenggang sedang dipanggang sumber tripadvisor.com

Tak jauh dari sana, ada Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Di sini kita bisa melihat napak tilas dari kejayaan Palembang di masa kesultanan. Berjalan kaki sedikit ada kawasan namanya Plaza Benteng Kuto Besak. Benteng ini sudah berusia ratusan tahun dan letaknya ada di tepian sungai musi. Harga tiket masuknya hanya Rp 5,000 dan kita bisa berfoto dengan gambar latar Jembatan Ampera dan juga Patung Ikan Belida.


Patung Ikan Belida di depan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II sumber flickr.com

Malam harinya dilanjutkan dengan makan malam di Martabak Haji Abdul Rozak (Martabak HAR) yang lokasinya tak jauh dari Masjid Sultan Mahmud Badaruddin II. Martabak Telur dengan kuah santan yang pas cocok banget jadi menu menutup hari. Perjalanan pulang gw lanjutkan dengan mencoba LRT pertama yang diresmikan di Indonesia ke hotel.


Martabak HAR dengan kuah santannya sumber budaya-indonesia.org

Mencoba LRT Palembang sumber bangkapos.com


Hari Kedua, Minggu

Untuk hari kedua ini gw ingin berkutat di sepanjang sungai musi, tapi sebelum itu gw ingin mencoba mencicipi Pindang di Pempek Sultan dan Pindang Agan yang terletak tidak jauh dari Palembang Indah Mall. Tersedia pilihan pempek, pindang ikan dan juga pindang daging. Selanjutnya adalah mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Ho. Masjid ini sangat unik karena selain arsitekturnya yang bergaya chinese, masjid ini juga menyimpan keunikan karena didominasi warna merah dan tidak terlihat seperti masjid kebanyakan.


Pempek Sulthan dan Pindang Agan sumber foursquare.com

Masjid Muhammad Cheng Ho sumber merahputih.com

Perjalanan gw lanjutkan dengan mengikuti river tour sepanjang sungai musi, melihat jembatan Ampera lebih dekat hingga sampai ke Pulau Kemaro. Pulau ini terletak di tengah sungai musi dan menjadi pulau yang legendaris karena terdapat Klenteng Kuam In dengan Pagoda 9 lantai serta tempat perisirahatan terakhir Tan Bun An dan Siti Fatimah. 



Klenteng Kuam In sumber kumparan.com

Puas menjelajah sungai musi, gw pun memutuskan untuk pergi ke Toko Harum yang menjajakan panganan ringan khas Palembang yang bisa dijadikan oleh-oleh. Ada Ragit, Engkak Ketan, Srikaya Tape dan masih banyak lagi. Tak lupa untuk membawa oleh-oleh Pempek siap goreng juga hehe


Berbagai Jajanan di Toko Harum sumber travel.detik.com

Perjalanan di Palembang sudah harus berakhir dengan menaiki pesawat kembali ke Jakarta pukul 20.00. Semoga saja setelah gw bikin itinerarynya ini gw menjadi semakin semangat untuk mewujudkan liburan seru di Palembang dan gak ragu lagi buat milih BookingLokal buat cari hotel pilihan apalagi ada promo Rp1000 buat Satu Malam Pertama!

Jembatan Ampera sumber instagram.com/dragonfly_drone


Semua orang jadi bisa dapatin kamar murah, #GampangKan?

Yuk cek https://bookinglokal.com sekarang! #seribusatumalampertama




You Might Also Like

0 Comments