Pengalaman Pasang dan Perawatan Behel di J•Smile Dental Clinic Kemanggisan saat Pandemi

May 03, 2021

Halo gengs!
Pernah gak sih kalian berada dalam situasi kalian ngerasa gak pede sama penampilan kalian? Kalau gw pernah.

Jadi sebelum settle dikerjaan yang sekarang gw tuh dulu kerja di salah satu media di Indonesia dibagian creative. Salah satu pekerjaan gw adalah mewawancarai artis saat gala premiere sebuah film di sana dan konsepnya adalah sambil ngevlog melihat ke arah kamera. Deg. Gw kaget salah fokus melihat gigi gw yang maju mundur itu. Ngerasa ga pede banget buat ngomong depan kamera. Di momen itulah menjadi titik gw menyatakan yes. Gw harus pasang behel.

bersama drg.Christine    dok:pribadi

Tapi pertanyaan lain muncul. Dimana gw harus pasang?

Berbekal rasa penasaran, gw akhirnya sering browsing tentang gimna prosedur pasang behel, berapa biayanya, bagaimana caranya, dimana dan segudang pertanyaan lain. Tapi gw masih bingung tuh karena dilingkungan kerja gw, temen-temen yg pake behel tuh udah dari lama dan di klinik gigi masing-masing yang jauh dari kos gw.

Setelah cape browsing, gw pun buka-buka instagram. Pucuk dicinta, ulam pun tiba! karena algoritma Instagram, gw ga sengaja nemu iklan  J•Smile Dental yang lagi bahas tentang treatment gigi. Penasaran, gw klik lah itu iklannya dan tersambung dengan ig profilenya langsung. 

Instagram J•Smile Dental Clinic    dok:pribadi

Berbekal informasi yang gw dapatkan sebelumnya, gw memutuskan untuk memasang behel di  J•Smile Dental Clinic Kemanggisan.

Jujur, momen terakhir gw ke dokter gigi untuk perawatan adalah saat gw masih SMA sebelum gw berangkat untuk program pertukaran pelajar sekitar 6 tahun yang lalu. Masih inget banget gimana rasa takutnya. Kali ini gw mencoba memberanikan diri.

Hari itu cuaca sangat cerah ketika gw datang ke J•Smile Dental yang beralamat di Jl Kemanggisan Utama VII No.68, RT.4/RW.7, Kemanggisan, Jakarta Barat. Kliniknya asri dengan banyak pepohonan di sekitar. Saat pertama masuk disambut oleh staf administrasi yang ramah. 

Plang J•Smile Dental Clinic Kemanggisan   dok:pribadi


Disambut oleh staff yang ramah   dok:pribadi

Gw langsung ditanya tujuan treatment dan berkonsultasi mengenai pemasangan behel lalu gw diminta untuk mengisi form pasien dan form screening covid-19.  Hal ini penting banget karena disaat pandemi seperti sekarang agar dapat ditrack dan dicek tentang kondisi tubuh kita sebelum memasuki J•Smile Dental Clinic Kemanggisan.

Tidak lama setelah itu,  pintu di samping meja registrasi terbuka dan seseorang mempersilahkan gw masuk. ternyata dia adalah dokter gigi yang akan melakukan tindakan pemasangan behel gw hari ini, namanya drg.Christine. Jujur gw yang awalnya takut bertemu dokter gigi jadi ngerasa tenang dan nyaman ketika bertemu drg.Christine yang ramah dan cantik ini

Display aneka ragam jenis gigi   dok:pribadi

Lobby J•Smile Dental Clinic Kemanggisan yang cozy   dok:pribadi


Setelah masuk gw pun berkonsultasi dengan drg.Christine tentang permasalahan gigi yang gw alami.  Dan benar, drg.Christine pun menyarankan gw untuk dibehel. Gigi bawah gw penuh berdesakan sehingga 4 gigi seri bawah gw melengkung dan membentuk huruf 'V' dan harus dirapihkan dengan cara dicabut agar terlihat lebih rapi. Selain alasan estetika, gw juga punya masalah gigi lain yaitu terdapat gigi bungsu yang impaksi dibagian kanan. Pantas saja selama ini gw kadang mengalami ngilu saat makan dibagian itu. Untuk treatment gigi bungsu ini gw bahas dipostingan terpisah ya, karena drg.Christine juga yang handle hehe

PEMASANGAN BEHEL DI J•SMILE DENTAL KEMANGGISAN SAAT PANDEMI

Memasuki ruangan pemeriksaan, drg.Christine udah menyambut gw dengan menggunakan APD lengkap, masker, dan penutup kepala, begitu juga dengan asistennya. Bener-bener sudah menerapkan protokol kesehatan yang berlaku bikin gw ga takut buat mengunjungi J•Smile Dental Kemanggisan saat pandemi seperti sekarang. 

Setelah berkonsultasi, tiba saatnya gw untuk melakukan perawatan. Gigi gw dianalisis secara fisik oleh drg.Christine, kemudian dijelaskan juga tentang jenis behel yang tersedia dan disesuakan dengan 'plan' behel yang mau gw pilih. Sebelumnya gw harus menrontgen gigi dan melakukan cetak gigi juga terlebih dahulu untuk melihat kondisi gigi secara lebih komprehensif. Untuk Cetak dan Rontgen periapikal bisa di J•Smile Dental langsung, sedangkan untuk Rontgen panoramic bisa dilakukan di lab Pramita/Prodia terdekat.

kondisi gigi sebelum behel  dok:pribadi


rontgen bentuk gigi   dok:pribadi

Setelah itu, gigi gw pun discaling untuk membersihkan karang gigi yang menempel. Jujur, karang gigi yang sudah tertumpuk selama ini cukup banyak dan gw ngerasa gigi gw seger bersih gitu hehe lanjut gigi gw dibersihkan dan dikeringkan agar dapat ditempel bracket satu persatu di gigi  (penyangga kawat yang menempel di gigi, bentuknya kotak-kotak itu gengs) kawat pun kemudian dipasang mengitari sekeliling gigi gw diakhiri dengan pemasangan karet yang sebelumnya kita diberikan pilihan mau pasang karet warna apa hehe gw memilih warna hitam saja yang netral. Semua proses kira-kira memakan waktu 1 jam

Jujur memang rasanya tidak nyaman karena ada sekumpulan benda asing mengitari gigi kita. Mingkem aja harus agak monyong dulu biar ga sakit hehe Gw pribadi alhamdulillah tidak merasa nyeri atau sakit berlebih. Paling ada rasa tidak nyaman karena gigi mulai ketarik. Hal ini justru bagus karena artinya gigi kita mengalami kemajuan. 

Satu hal yang paling gw takutkan sebenarnya adalah sariawan disekitar area gusi pun tidak terjadi. Thank god! drg.Christine menyarankan gw untuk tidak makan makanan yang keras karena bracket dan kawat masih harus beradaptasi dengan bentuk gigi. Jadi selama 3 hari pertama gw pun cuma sanggup makan bubur. Ohiya rasa 'sakit' yang gw hadapi ini mungkin tidak sama dengan pengalaman rasa 'sakit' temen-temen yang sudah dibehel, balik lagi ke tubuh masing-masing gimana meresponsnya ya hehe


kondisi gigi sebelum perawatan

kondisi gigi 10 bulan perawatan

kondisi gigi 20 bulan perawatan


drg.Christine juga profesional banget selalu mengingatkan kita untuk menjaga kebersihan area gigi karena kalau kita 'nakal' akan merepotkan diri sendiri jika bracketnya lepas. Nanti akan memperlama proses behel kan. 

Buat kalian yang mau pasang behel jangan khawatir ya buat melakukan pemasangan dan treatment di  J•Smile Dental Kemanggisan. drg.Christine bakal siap membantu mengatasi keluhan kalian karena drg.Christine sudah sangat ahli dibidangnya selama lebih dari 15 tahun hehe Semoga membantu!

Info lebih lanjut kalian bisa menghubungi J•Smile Dental Kemanggisan di sini :

JSmile Dental Kemanggisan,JL.Kemanggisan Utama VII / No.68 Jakarta Barat



You Might Also Like

3 Comments

  1. alhamdulillaaah bagus ya hasilnya
    anak anak saya juga pasng behel karena setelah ke dokter gigi, ketahuan giginya numpuk numpuk ga jelas bentuknya

    kagetpas si abang Dio malah harus cabut gigi sebanyak 5 buah! Ya tentu setelah rontgen di RS Carolus dulu. Sekarang sudah berjalan 15 bulan (kepotong pandemi drg tutup selama 5 bulan hiks hiks jadi mundur lagi ke perawatan yang sebelumnya)

    ReplyDelete
  2. Hasilnya kelihatan banget ya kak.
    Aku pun punya masalah yang sama nih, gigiku nggak rapih tapi mau pasang behel masih takut, apalagi lagi pandemi gini.
    Kak mau tahu dong kisaran biaya untuk pasang behelnya habis berapa

    ReplyDelete
  3. iya pertanyaannya sama, kira berapa ya harga pasang behel. Aku gigi udah ga rata kemana2 kayaknya perlu behel tp msh ragu

    ReplyDelete