Senang Selamat Bareng Bareng di Dufan saat New Normal - #KembaliKeAncol

August 30, 2020


Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan sekarang memasuki masa PSBB Transisi gw banyak menghabiskan waktu di rumah, termasuk bekerja dari rumah juga. Ngerasa udah bosan banget ngga ada kegiatan diluar, hawa pengen liburan semakin menguat walaupun belum bisa liburan jauh-jauh, liburan di sekitar Jakarta pun rasanya udah bahagia banget hehe 

Salah satu tempat liburan yang ngga harus jauh ke luar Jakarta dan langsung ada di pikiran gw adalah : Kawasan Ancol. Terakhir kali ke Ancol itu ke DUFAN itu sekitar April tahun lalu. Seru kali ya bisa main wahana seru di Dufan setelah cuma di rumah aja kaya gini. Butuh liburan :") Sayangnya kawasan Wisata Taman Impian Jaya Ancol termasuk DUFAN tutup sementara operasional seluruh kegiatan di dalamnya sejak 14 Maret 2020 lalu. Hal ini dilakukan dalam upaya turut mengurangi potensi penyebaran pandemi COVID-19 yang telah berkembang di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Sejalan juga dengan kebijakan PSBB yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.  

Iseng gw pun scroll Instagram Dufan dan kabar baiknya adalah.... ternyata DUFAN udah buka lagi per 20 Juni 2020 yang lalu gengs!! Sudah sekian lama enggak kemana-mana, pas tahu Ancol dan Dufan sudah mulai buka lagi tuh rasanya seneng banget! Tentunya ada pengalaman yang berbeda banget di kunjungan kalian ke DUFAN selama memasuki masa new normal ini gengs. 

Kalian pasti merasa bertanya-tanya nih, gimana apakah sudah aman? Jangan khawatir karena kawasan Ancol dan DUFAN sudah menerapkan protokol kesehatan yang menjaga kamu tetap aman, dan nyaman seru-seruan kok namanya #SSBB gengs.

Panduan Kesehatan selama Pandemi di kawasan DUFAN 


panduan SSBB di kawasan Ancol
panduan #SSBB di kawasan Ancol


Jadi #SSBB itu adalah singkatan dari Senang Selamat Bareng Bareng adalah peraturan Adaptasi Kebiasaan Baru (new normal) yang dihadirkan di Ancol untuk memastikan seluruh pengunjung, karyawan, petugas, dan mitra bisa Kembali rekreasi dan bersenang-senang, tapi juga selamat dari awal sampai sampai akhir kunjungan di Ancol. Selamat dari bahaya penyakit tentu tidak boleh sendirian, dengan sadar diri menjaga Kesehatan dan kebersihan setiap saat dan setiap orang juga berperan untuk menjaga Kesehatan orang lain, sehingga seluruh yang ada di Ancol bisa menikmati hiburan dengan maksimal.

Perubahan juga sudah mulai dirasakan dari sistem pemesanan tiketnya nih, untuk mengurangi kontak dengan menerapkan system pembelian tiket secara daring/ online melalui website resmi Ancol dan pembayaran secara non tunai (cashless). Lalu, kapasitas pengunjung juga dikurangi menjadi hanya 50%, ini juga berlaku di fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, masjid, tempat wudhu, kursi duduk, hingga kapasitas di setiap wahana DUFAN juga.

Jaga Jarak di fasilitas umum

Jaga jarak di Masjid DUFAN

Hingga tulisan ini dibuat, ada satu peraturan yang mesti kalian tahu juga nih gengs, yakni untuk sementara yang memesan tiket masuk kawasan Ancol dan DUFAN hanya untuk warga dengan domisili DKI Jakarta ya. Untuk temen-temen yang ber-KTP non DKI Jakarta masih belum boleh memesan tiket masuk nih. Kalau kalian tinggal di Jakarta, kalian bisa lampirkan juga surat keterangan Domisili DKI Jakarta ya. 

Nah, nanti Kalian tinggal tunjukin barcode hasil reservasi kalian di gate masuk kawasan Ancol. Ohiya, for your information juga nih, untuk sementara akses masuk kawasan Ancol dan DUFAN dibatasi ya. Gate Barat hanya dibuka saat weekend, sedangkan kalau kalian datang saat weekday kalian bisa masuk melalui Gate East atau Halte Transjakarta Ancol.

Lanjut, pastikan juga badan kalian sehat ya buat masuk kawasan Ancol dan DUFAN. Karena suhu tubuh kalian akan diperiksa berberapa kali sebelum masuk. Jangan lupa juga untuk tetap mematuhi dan menerapkan Penerapan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, sering cuci tangan dan penggunaan hand sanitizer serta menerapkan physical distancing di semua area termasuk antrian wahana, restoran dan fasilitas penunjang lainnya di dalam kawasan rekreasi.


Masuk DUFAN kita tinggal tunjukin barcode reservasi online, diperiksa suhu tubuh lagi, dan setelah itu kita sudah bisa masuk DUFAN! Ohiya, ini gw masuk via gerbang baru DUFAN., lokasinya tidak jauh dari area parkiran dan halte transjakarta Ancol. Agak kaget juga ternyata sudah berbeda nih. Nuansanya earthy gitu dengan dominan warna cokelat. Kita akan disambut oleh patung perunggu dari karakter DUFAN dan teman-temannya ada Dufi (Dunia Fantasi), Kabul (Katak gembul) ,Bije ( bison jenaka), Garin (Garuda indonesia) , Tanit ( tapir genit) , Kombi (komodo gembira) Cili (kancil licik), Barus (Babi rakus). Terdapat juga menara tinggi dengan tulisan DUFAN diatasnya. Feelnya beda dan jadi bagus banget! 

Depan kounter tiket dan menara DUFAN    

Patung Perunggu Karakter DUFAN

Tujuan pertama adalah salah satu kawasan baru di DUFAN yakni Dunia Kartun. Kawasan seluas 3 hektar ini berisikan 9 wahana baru. Terakhir gw ke DUFAN ini masih dalam proses pembangunan dan sekarang sudah selesai ternyata. Keren banget banyak wahana dalam kawasan Dunia Kartun ini yang sepertinya diperuntukan untuk adik-adik kecil dan bagi kita yang tidak bisa ikut naik wahana yang sudah ada di DUFAN sebelumnya, eits tapi tentu ada juga loh wahana yang remaja dan orang dewasa bisa coba. 

Berpose dulu nih depan gate Dunia Kartun hehe

Ada satu wahana yang menarik banget di sini namanya wahana Baling-Baling! Tingginya sekitar 40 meter dan bakal bawa kita berayun-ayun 360 derajat seakan kita diikat di helikopter! Berani coba ga nih? Kalau saya sih tim yang nonton dari bawah saja yaa menikmati teriakan teman-teman hehehe Selain Baling-Baling, ada berberapa wahana lain yang bisa dicoba seperti  Karavel, Kolibri, Turbo Drop, Ontang-Anting, Paralayang, dan Zig-Zag.

Wahana Baru Baling-Baling yang memacu adrenalin!

Setelah puas berkeliling di kawasan Dunia Kartun, perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu wahana paling baru di DUFAN, namanya KERETA MISTERI! wahana ini telah hadir sejak Desember 2019 yang lalu dan menjadi Indoor Coaster terbesar di Indonesia! Kereta Misteri memiliki panjang (lintasan rel) 596 meter dan ketinggian 15 meter.

Apa yang ada dipikiran kalian pas pertama kali baca tulisannya nih? Dari namanya kayanya serem banget ya. Kalau gw sih mikir kita naik kereta gitu terus bakal ada setan-setan muncul. Ternyata tidak juga! Kereta Misteri ini menceritakan kisah tentang serangan kawanan manusia serigala. Pengunjung diajak untuk merasakan cerita mengalahkan monster  serigala tersebut. Permainan itu mengambil inspirasi cerita misteri ala Amerika abad ke-19. Kereta Misteri ini membawa pengunjung meluncur dalam suasana yang gelap. 

Gerbang depan wahana baru : Kereta Misteri

Yang bikin seru adalah ketika kita naik kereta roller coaster ini dalam kondisi gelap gulita seperti ini. Pengalaman yang seru banget dan belum pernah ada di Indonesia! Jujur ekspektasi gw adalah cuma sekedar naik kereta seperti Istana Boneka dan ditakutin sama hantu-hantu ternyata gw salah. Gw tidak menyangka akan naik roller coaster gelap-gelapan dan sensasinya luar biasa lumayan bikin takut dan mual haha

Ohiya buat naik wahana ini boleh untuk yang tinggi badannya di atas 125 cm ya. Untuk sementara jam operasional Kereta Misteri adalah pukul 13.00 dan tutup pada pukul 16.45. Waktu gw ke sana wahana ini ramai banget. Tolong pastikan juga untuk tetap menjaga jarak satu sama lain ya ketika mengantri.

Lanjut, gw bersama teman-teman blogger dan Kamadigital Nusantara pun mengeksplor area dan wahana lain di DUFAN. Kunjungan kali ini juga jadi pertama kalinya gw mencoba berberapa wahana seperti Bianglala, dan Niagara-gara. Kalau hari biasa, 2 wahana ini selalu ramai. Senang sekali rasanya :D Selain itu kami juga naik wahana wajib kalau ke DUFAN, yakni Istana Boneka, dan Kora-Kora.

Wahana Kora-kora yang menerapkan phyisical distancing

Wahana Bianglala dari kejauhan

Wahana Istana Boneka yang menerapkan phyisical distancing


Gw juga salut banget ternyata kawasan Ancol dan DUFAN serius banget menerapkan protokol kesehatannya. Sejauh mata memandang gw melihat area publik yang sudah diberi tanda untuk saling menjaga jarak, tersedia hand sanitizer diberberapa titik di dalam DUFAN, serta di setiap wahana juga mengalami pengurangan kapasitas dengan ditempelnya stiker tanda jaga jarak. Bahkan ada mobil keliling lengkap dengan petugas bersiaga menyiramkan disinfektan juga di sekitar kawasan DUFAN ini! Two Thumbs Up!

Mobil keliling penyemprot Disinfektan

Sepulangnya dari DUFAN waktu sudah menunjukan pukul 17.00, saya dan teman saya kemudian memutuskan untuk mengunjungi Pantai Indah Ancol juga. Dan ini juga menjadi kali pertama saya ke sini :D Kami menunggu sunset tiba dan mengabadikan momen selama di sana. Senang sekali akhirnya bisa melihat laut lagi :D

Biar rekreasi kalian di Dufan Ancol tetap senang dan selamat agar Senang Selamat Bareng Bareng, gw ingetin lagi buat jangan lupa bawa barang-barang ini dari rumah ya gengs :

- Masker Untuk Dipakai serta Masker Cadangan

- Hand Sanitizer

- Perlengkapan Ibadah Pribadi

- Alat Makan Pribadi

- Kantong Plastik 

- Tisu Kering dan Basah

- Persiapkan uang nontunai untuk segala macam pembayaran


Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku, untuk informasi lebih lanjut mengenai Senang Selamat Bareng Bareng #SSBB  kalian bisa coba buka link ini ya :


Sudah Siap #KembaliKeAncol? 


You Might Also Like

0 Comments