Pengalaman Sholat Ied Adha di KBRI Singapura (PANDUAN JALAN - JALAN KE SINGAPURA 3 HARI 2 MALAM)

August 27, 2019

Bertemu dengan sesama orang Indonesia di perantauan mengingatkan gw sama momen pengalaman pertukaran pelajar saat di Amerika. Tapi bedanya gw ga sempet ikut sholat ied selama di sana :(

Malam sebelumnya baru tiba di hostel pukul 21.00 dan ada drama gak ada petugas resepsionisnya wkwk ternyata kunci diitaruh di dekat box yang mirip box surat gitu dan tertera nama dan nomor kamar kita di sana. 

Memasuki hari kedua di Singapura, hari ini bangun pagi untuk mengejar pengalaman yang jarang banget orang dapetin yakni kesempatan buat sholat Ied Adha di KBRI Singapura. Dari hostel yang ada di kawasan Haji Lane, kita naik bus dari Parkview Street menumpang bus nomor 7 arah Clementi dan berhenti di Grange Residences. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki 12 menit-an. Total perjalanan ditempuh kurang dari 1 jam.

*Tips : Jangan ragu buat bertanya yah buat konfirmasi ulang kepada drivernya, tarifnya sekitar $ 0.90 dan kami menggunakan Jenius bayarnya jadi di rapel gitu laporannya di hari berikutnya.

Ini rute yang lebih jelas via Google Maps

Sesampainya di halte Grange Residences, kita harus berjalan kaki lagi dan untungnya cuacanya adem dan tidak banyak kendaraan berlalu lalang. Perjalanan juga dimudahkan karena kita melihat banyak rombongan orang mau sholat Ied lainnya untuk memastikan kita tidak nyasar hehe 


Ini perjalanan menuju KBRI melewati komplek perumahan gitu 

KBRI Singapura tampak depan, bangunannya cukup besar ternyata

Kita sampai pas banget sebelum jam 7 pagi karena orang-orang masih banyak yang belum datang dan masih bersiap-siap. Awalnya sih bingung masuk lewat mana dan sholat dibagian mana, akhirnya cuma ngikutin orang-orang aja haha Masuk ke area KBRI ternyata punya halaman cukup luas di dalamnya, dan ada area masjid yang pada saat sholat Ied diperuntukan untuk jamaah laki-laki.

Merasa cukup sedih pas liat diaspora Indonesia ini sholat Ied jauh dari rumah, jauh dari keluarga. Sebagai anak rantau juga ya gw pun ikut kebawa suasana ya. Gw melihat banyak rupa ragam diaspora Indoensia di sini, ada yang mahasiswa, ada pekerja, ada juga yang memboyong keluarganya.  Sholat Ied dimulai sekitar pukul 7 pagi dan ternyata di imami oleh ustad besar dari Indonesia yang sudah lama tinggal di Singapura. 




Jamaah perempuan yang sholatnya di halaman KBRI Singapura



Waktu gw baru dateng jadi di dalam masjid masih sepi


Selesai sholat Ied, kami pun bergegas keluar. Eh alhamdulillah ternyata dapet besek yang isinya berbagai jajanan ada roti isi daging sama kue roll pandan gitu. Dapet minum tapi terpisah ambil sendiri. Biar gak terlalu kangen kali ya jadi budaya dapat makan setelah sholat Ied pun masih ada :") Setelah itu kita pun istirahat sejenak sambil makan besek sebelum melanjutkan perjalanan.

Gw lupa foto, untungnya Naura masih ada nyimpen ini wkwk

Buat budgeting hari ini gw rangkum di postingan selanjutnya ya :D


Next postingan -> Fort Canning Park Singapura

You Might Also Like

0 Comments