Menyenangkan dan Menenangkan! Mencoba Cafe Tea Therapy di Korea #WKS2021

July 05, 2021

안녕하세요!

berbagai pilihan teh di tea therapy. source : visitkorea.com


Halo chingu! Di awal bulan Juli 2021 ini tempat tinggal aku di Jakarta sedang dilaksanakan yang namanya PPKM Darurat. Kita harus mengurangi mobilitas dan sebisa mungkin tetep #dirumahaja untuk menekan jumlah kasus COVID-19 yang terus bertambah di Indonesia. 

Selama mengisi waktu kosong di rumah aku lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca buku, memasak, dan melakukan hal produktif termasuk menulis seperti sekarang. Untuk menulis aku termasuk orang yang moody dan butuh niat yang cukup untuk memulai. Makanya aku juga sering membuat segelas es kopi susu atau menyeduh teh hitam/teh hijau agar aku bisa terus fokus dan produktif.

Sewaktu aku iseng browsing, aku melihat postingan post dari Visit Korea dan gak sengaja menemukan aktivitas menyenangkan sekaligus menenangkan yang bisa dilakukan di Korea. Namanya Tea Therapy!

teh jagung yang aku temuin di Korea! source:pribadi

Aku jadi inget deh 2018 lalu waktu ke Korea sempet nyoba teh kemasan yang unik banget, ini teh jagung! Sebagai pecinta teh menemukan teh jagung ini seperti menemukan harta karun. Karena rasanya unik, enak dan calming banget.

Ohiya dikutip dari website Visit Korea, orang Korea tuh udah sejak lama menikmati teh herbal. Ada berbagai jenis teh yang dikonsumsi mulai dari teh barley, teh jagung, sampai yang jarang kita dengar seperti boxthorn dan solomon's seal. 

Kalian bisa mencoba merasakan dan memilih teh untuk terapi ini di dua cabang dari Tea Therapy, Cabang utamanya di Apgujeong yang bersih memiliki fasilitas pemandian kaki dan cabang satu lagi di Haengnang yang memiliki suasana lebih berkelas dengan bangunan kuno yang aesthetic dan instagramable banget buat kalian foto-foto nih!

Tea Therapy cabang Apgujeong. source: https://www.tripadvisor.com/

Tea Therapy cabang Haengnang. source: visitmedicalkorea.com

Di kedua cabang Tea Therapy ini, kalian juga bisa melakukan tes sederhana untuk menentukan teh apa yang cocok buat kalian. Ada berbagai jenis teh yang berbeda dan memiliki deskripsi yang berbeda-beda juga, tergantung pada berat badan, cara berjalan, atau bisa juga dilihat dai pencernaan loh. 

BERBAGAI VARIAN TEH DI TEA THERAPY

Dikutip dari website Medical Tour Seoul, seorang Tea Therapist, Eungyeoung Lee yang bekerja di Tea Therapy cabang Haengnang  merekomendasikan teh GUGIJA (Matrimony Vine Tea) untuk stress dan mata lelah yang dibuat dengan proses brewing berjam-jam. Teh ini dikenal sebagai teh yang menenangkan, dan tersedia dalam kemasan satuan juga.

minum secangkir teh sambil berendam kaki. source : https://medical.visitseoul.net/

berbagai jenis teh di tea therapy. source : google maps

berbagai jenis teh di tea therapy. source : google maps


berbagai jenis teh di tea therapy. source : google maps

Lalu ada teh HYANGTONG yang merupakan teh blend (campuran). Hyangtong memiliki arti 'terkoneksi melalui aroma (hyang), ada juga teh HAKHA (mint), teh GYULPI (kulit jeruk mandarin), dan teh GAMBI (Buckwheat dan kulit jeruk mandarin) yang bagus untuk detoxifikasi. Kemudian juga ada teh GOENWI yang bagus untuk pencernaan. Teh yang ada di Tea Therapy juga hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk disiapkan dan diseduh dengan air panas. Semiua bahan dimasukan ke teko dan siap untuk dinikmati.


MENCOBA KELAS MERACIK TEH DI TEA THERAPY 

Dikutip dari KoreabyMe, di Tea Therapy juga ada kelas-kelas meracik teh yang bisa kalian coba. Kelas ini dibawakan langsung oleh pemilik dari Tea Therapy yang juga telah mengantongi sertifikat 'Oriental Medicine Doctor'. Keren banget ya. 

Kelas-kelasnya bisa dipilih dalam 3 topik utama, 'Memilih teh yang baik untuk urusan kewanitaan', 'Anti penuaan (anti aging)', dan 'Tea Therapy untuk melawan stress'. Setiap kelas yang dipilih sudah termasuk insight seputar teh dan mencicipi teh. Tersedia juga cemilan tradisional Korea sebagai teman ngeteh kalian!

kelas di tea therapy dan cemilan. source : https://koreabyme.com/the-best-healing-experience-tea-therapy/


Semua bahan disiapkan di sini. Ada teh Jujube, Kayu Manis, dan Peppermint. Teh Jujube diminum untiuk membantu memperbaiki kualitas tidur, mencegah anxiety kambuh, dan memperlancar sirkulasi darah, sementara teh Kayu Manis diminmum untuk menambah nafsu makan dan perut kembung, dan teh Peppermint untuk meredakan stress dan memperlancar sistem pencernaan. Diakhir kelas kalian akan merasakan mood kalian naik dan relaks nih pastinya!

berbagai varian teh di Tea Therapy. source : https://koreabyme.com/the-best-healing-experience-tea-therapy/

Tea Therapy layak banget kalian kunjungi di Seoul apalagi ketika sudah merasa lelah dan ingin mencari tempat untuk melepas penat dan ingin memperbaiki mood dan bikin sehat secara natural melalui teh. Harga teh per teko ada dikisaran 6,000-8,000 WON. 

Selain teh, kalian juga bisa pesan berbagai pilihan menu enak-enak seperti Tofu Salad & Rice Bowl dengan Tobiko (8,000 WON), Daging Cincang dengan Beans Curry (8,000 WON), Salmon Panggang dengan nasi dan salad (8,000 WON) dan masih banyak lagi!

Bagaimana caranya untuk sampai di Cafe Tea Therapy? 

Tea Therapy
Lokasi: 74, Yunboseon-gil, Jongno-gu, Seoul
Waktu Operasional: Winter season 10:00 – 20:00, Summer season 10:00 – 21:00
Tel: +82-2-730-7507
Website: www.teatherapy.co.kr
Petunjuk: 

  • The line #3: Anguk station, exit 2 (Jongno branch)
  • The line #3: Apgujeong station, exit 1 (Apgujeong branch)


Ingin tahu lebih banyak seputar wisata di Korea Selatan? Yuk, cek social media dari Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta berikut ini :

Web KTO Jakarta
Instagram : KTO Jakarta @ktoid
Facebook Fanpage: Korea Tourism Organization (Indonesia)
Twitter : @KTOJakarta
Tiktok : @kct.id
Youtube : Korea Tourism Organization - Jakarta

source : https://www.visitkorea.or.id
https://www.tripadvisor.com/Restaurant_Review-g294197-d6996926-Reviews-Tea_Therapy-Seoul.html, https://koreabyme.com/the-best-healing-experience-tea-therapy/

You Might Also Like

0 Comments