ADA ALICE IN WONDERLAND DI ARTSCIENCE MUSEUM SINGAPORE!

June 21, 2020

Wisata Museum tuh bisa jadi pilihan banget buat kalian yang pengen nemuin hal baru dari Singapura. Karena jangan pikir ke museum itu boring dan ga seru ya gengs. Museum di Singapura ini beyond expectation banget! 

Singapore Art and Science Museum dari kejauhan berdampingan dengan Marina Bay | dok.pribadi

Sebelum tiba di Singapura, kita emang udah pengen banget main ke Singapore Art and Science Museum ini. Ada berberapa pilihan exhibition yang bisa dipilih nih, per Agustus 2019 kita memutuskan untuk melihat exhibition "Alice in Wonderland". baca juga ("PANDUAN JALAN - JALAN KE SINGAPURA 3 HARI 2 MALAM (+ Itinerary dan Budget)"

Kita udah beli tiketnya in advanced di tiket.com, karena waktu itu harganya cukup bersahabat. 1 tiket dibandrol dengan harga kurang lebih IDR 137.000/pax. Kalau beli langsung di counter harganya memang cukup mahal, yakni sekitar IDR 190,000 /pax. Kadang suka ada promo khusus buat beli tiket attraction seperti ini di berbagai OTA seperti Tiket, Traveloka, atau Pegi-Pegi. Jangan lupa buat sering dicek berkala aja gengs, siapa tahu jadi lebih murah kan :D


harga tiket untuk 3 orang
harga tiket untuk 3 orang | dok.pribadi

Lokasinya juga gampang banget dicari, tepatnya masih satu komplek sama Marina Bay nih gengs alias sebelahan banget! Jadi masuk aja nih ke Marina Bay nanti naik ke lantai paling atas dan cari plang petunjuk tulisan "Art Science Museum/Muzium" ikuti jalannya aja nanti akan ketemu dengan bangunan ikonik berbentuk bunga teratai ini yang worth banget buat dijadiin background foto kalian!

Masuk ke dalam kita akan disambut dengan Fabcafe buat kalian yang mau nongki sambil menikmati angin sepoi-sepoi dengan pemandangan Merlion Statue yang tidak jauh dari lokasi Artscience Museum ini atau sekadar ingin melepas penat setelah berkeliling. Lanjut, untuk pembelian serta penukaran tiket berada di Basement 2, turun menggunakan eskalator yang berada tidak jauh dari FabCafe.

Turun dari eskalator tempat pembelian tiket pun sudah terlihat. Kalau kalian sudah beli tiket seperti yang kami lakukan, kalian tinggal beratur mengantri di depan pintu exhibition yang kalian pilih. Ohiya, sebelum masuk pastikan kalian tidak membawa barang yang besar ya, seperti koper. Nah, koper atau barang lain punya kalian bisa dititip sementara di lantai Ground, di information center dekat pintu masuk tadi (sebelah kanan).


Nah, masuk ke dalam exhibitionnya ini lumayan antri gengs. Kami menunggu giliran masuk sekitar 15-30 menit dan kita pun mendapatkan kertas petunjuk mengenai Alice in Wonderland Exhibition ini,  dalam bentuk "Lost Map of Wonderland" setelah itu masuk dan kita dijelaskan sedikit mengenai kertas petunjuk yang telah kita dapatkan tadi.

Kita diajak berkeliling seakan-akan kita adalah Alice yang masuk ke dalam dunia 'magical wonderland' ini. Ada banyak instalasi seni yang menarik banget yang berbasis kepada film Alice in Wonderland. Instalasi seni di sini ada berberapa yang hidup serta bisa berubah secara real time. Istilahnya kita bisa berinteraksi dengan instalasi seni-nya. Canggih banget! 




Jadi buat yang belum paham banget sama cerita di Alice in Wonderland juga ga masalah banget karena dari awal masuk ke exhibitionnya kita bakal disuguhin aktivitas dan ceritanya dari awal kok. Ada juga cuplikan-cuplikan dari filmnya dari awal atau yang terbaru. Berberapa instalasi seni juga sepertinya original dari waktu film Alice in Wonderland pertama kali di tayangkan. Alice in Wonderland ini sendiri udah disadur ke dalam lebih dari 40 film dan 30 program televisi loh! Banyak banget hal seru dibalik layar yang bisa kita lihat disini, totalnya ada lebih dari 300 objek kaya buku edisi perdana, gambar, proyektor,  properti yang digunakan saat shooting, boneka-boneka, kostum, sampai poster dari semua film Alice in Wonderland dari seluruh dunia juga (baca juga : Alice in Wonderland Marina Bay) Kalo menurut gw sih berberapa propertinya cukup creepy ya karena itu jadul banget tapi tetap menarik! Kapan lagi nih bisa liat properti asli dari film legendaris kan.

Kita menghabiskan banyak waktu untuk berkeliling dan foto-foto karena instalasi seninya keren dan secanggih itu! Berberapa juga bisa kita lihat secara interaktif melalui "lost map of Wonderland" yang sebelumnya kita dapet di awal tour sebelum masuk. Tinggal di scan dan akan ada "petunjuk" yang bisa kalian dapatkan! Nah, menjelang akhir tour ini menurut gw yang paling menarik! Jadi kita bisa "bermain" dengan Interactive Map nya nih, kita bisa berkreasi menempelkan berberapa stiker yang tersedia di peta yang kita dapetin di awal tadi dan membuat diri kita masuk ke dalam dunia Alice in Wonderland! 


Terakhir banget nih sebelum kita mengakhiri tour di dalam exhibitionnya, ada satu interaction activity yang sayang banget kalau dilewatkan! No wonder, buat masuk ke dalamnya kita harus antri lagi. Jadi ini adalah scene ikonik dari Alice in Wonderland A Mad Tea Party! Buat yang udah pernah nonton pasti familiar banget dong sama scene gila dan seru Mad Hatter ini. Dengan menggabungkan teknik VFX dan pemetaan proyeksi canggih kita jadi bisa merasakan 'secara langsung' gimana gila dan serunya Tea Party layaknya di film!





You Might Also Like

21 Comments

  1. Sepakat,waktu alhamdulillah dapet workshop nih dari sekolah,aku diajakin ke salah satu museum,duh lupa namanya. Keren museum disana tuh banyak gambar dan lukisan yang dibuat dari macem2,ada yang dari tutup botol,tali,dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Iya bener kak! Aku juga sempet ke National Museum of Singapore nanti aku update di blog juga ya kak :D

      Delete
  2. bisa jadi referensi bila jalan-jalan ke sana biar g kagok gitu minimal udah tau dari tulisan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, siap mas Joko. Bisa jadi referensi nih selain Marina Bay, Merlion aja hehe

      Delete
  3. Patut ditunggu nih, meskipun masuknya antri dan lama, biasanya dibatasi jumlah orang yg masuk ke exhibiton. Pengin banget ke sana, karena suka ngumpulin buku alice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, iya kak. Cuma sayangnya baru tahu juga kalau exhibition ini udah discontinued nih kak tahun ini :(

      Delete
  4. Biasanya sih ... masuk ke exhibition memamg antri dan dibatasi orangnya, pengen banget aku kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, iya kak seru banget kalau udh masuk ke dalamnya. Kita seakan tenggelam dalam cerita Alice hehe

      Delete
  5. Jadi pengen kesana ajak keluarga, pasti seru dan pada senang, ya meskipun mungkin lama antriannya ya. Apalagi serunya Tea Party layaknya film, pasti jadi pengalaman yg tak terlupakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, iya kak seru sekali. Cuma sayangnya exhibition Alice udah discontinued tahun ini :(

      Delete
  6. Izin bintangin artikel kakak yaaaa. Buat referensi soalnya ada rencana mau kesana setelah suasana normal dan ga ada pandemik lagi

    ReplyDelete
  7. Suka banget kalo ada art museum, bisa foto-foto sepuasnya dengan background unik-unik! Apalagi ini temanya Alice in wonderland, cerita kesukaanku!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sama kak. Dari kecil udh suka banget cerita Alice ini eh kebetulan ada exhibitionnya jadi sekalian deh mampir pas lg di sg hehe

      Delete
  8. untung ada videonya juga jadi tau bocorannya seperti apa serunya disana, thank you loh mas jadi nambah preference destinasi wisata nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, hehe siap kak. Semoga menginspirasi buat jd next destination yaa

      Delete
  9. Waah keren nih. Bisa foto-foto dengan background unik Alice in wonderland. Kesukaan banyak orang ini

    ReplyDelete
  10. Alice in wonderland bagaikan melihat langsung tokoh kartun tersebut dalam kehidupan nyata. Keren banget pastinya show kaya ini

    ReplyDelete
  11. Aww kece , kartun kesayanganku nihh.. wajib ke sini deh kalo punya duit lebih buat jalan jalan

    ReplyDelete
  12. Wah seru banget langsung berasa masuk ke dunia dongeng ya kak, jadi wish list nih kalau ke singapore

    ReplyDelete
  13. Wah bagus yah..aku termasuk yang suka nonton film serial nya waktu itu diputar di RCTI. Aku ikutan membayangkan saat Alice bertualang hehehe.. sekarang ada di Singapore yah. Bagus nih bisa merasakan seakan ada di negeri dongeng. SmeigS nanti ada rejekinya bsua berkunjung kesana aamiin

    ReplyDelete